Cara Meluruskan Arah Kiblat Saat Matahari di Atas Kakbah 28 Mei dan 15 Juli 2022

- 23 Mei 2022, 10:29 WIB
Fenomena Matahari berada di atas Kakbah yang dinamakan Kulminasi Agung atau Istiwa'ul A'zham untuk meluruskan arah kiblat.
Fenomena Matahari berada di atas Kakbah yang dinamakan Kulminasi Agung atau Istiwa'ul A'zham untuk meluruskan arah kiblat. /Twitter.com/@hsharifain

BERITA DIY - Simak cara meluruskan arah kiblat saat matahari berada di atas Kakbah pada 28 Mei dan 15 Juli 2022.

Pada tanggal 28 Mei dan 15 Juli 2022 akan terjadi fenomena matahari di atas Kakbah. Fenomena ini diungkapkan oleh Andi Pangerang sebagai Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN.

Dari pandangan astronomis, fenomena ini terjadi pada saat deklinasi matahari bernilai sama atau kecil selisihnya dengan lintang geografi Kakbah.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Hamil Menurut Islam, Salah Satunya Bertemu Jodoh!

Fenomena yang pernah terjadi ini disebut sebagai Kulminasi Agung atau Istiwa'ul A'zham. Fenomena ini bisa digunakan umat muslim untuk meluruskan arah kiblat.

Hal itu disebabkan oleh benda yang terbentuk akan mengarah ke Kakbah ketika matahari berada di atas Kakbah. Kluminasi Agung di Kakbah ini, dalam ilmu falak juga disebut sebagai Rashdul Qiblah.

Rashdul Qiblah yang akan terjadi secara global atau di seluruh dunia ini memiliki makna meluruskan kiblat.

Baca Juga: Apa Itu Syirkah Amal? Simak Pengertian, Jenis, Rukun, dan Syarat Menurut Ajaran Islam

Diperkirakan matahari akan mencapai nilai deklinasi tepat pada tangal 28 Mei 2022, pukul 03:12.58 waktu Saudi. Sementara dalam waktu Indonesia terjadi pada pukul 07:12.58 WIB.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x