Sejarah Tradisi Halal Bi Halal di Indonesia, Disertai dengan Makna dan Manfaatnya Menurut Islam

- 6 Mei 2022, 15:30 WIB
 Ilustrasi - Penjelasan sejarah tradisi halal bi halal di Indonesia sebagai budaya setelah lebaran, disertai makna serta manfaat halal bi halal.
Ilustrasi - Penjelasan sejarah tradisi halal bi halal di Indonesia sebagai budaya setelah lebaran, disertai makna serta manfaat halal bi halal. /UNSPLASH/@auliamisbahul

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai sejarah dari tradisi halal bi halal yang ada di masyarakat Indonesia sebagai budaya ketika merayakan lebaran, disertai dengan makna serta manfaat halal bi halal menurut Islam.

Ketika merayakan lebaran di Indonesia tentunya tidak akan asing dengan tradisi halal bi halal, di mana tradisi tersebut merupakan suatu acara yang umum dilaksanakan dengan tujuan menjalin silaturahmi.

Secara umum semua orang hanya mengetahui bahwa halal bi halal merupakan acara untuk bertemu teman, keluarga, maupun rekan kerja yang kemudian saling meminta maaf, oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan sejarah serta makna halal bi halal menurut Islam.

Baca Juga: Kumpulan Format Undangan Halal Bi Halal 2022, Serta Aturan Halal Bi Halal Terbaru di Kondisi Pandemi Saat ini

Sebelumnya di Indonesia halal bi halal sudah dikenal bahkan sebelum ditemukannya istilah ‘halal bi halal’ tersebut, karena di masa lalu istilah halal bi halal dikenal dengan sebutan sungkeman.

Sungkeman merupakan suatu tradisi di mana orang-orang akan saling meminta maaf dengan orang yang lebih tua, hal tersebut sudah menunjukkan bahwa tradisi halal bi halal sudah ada di Indonesia sebelum secara resmi disebut halal bi halal.

Awal mula adanya istilah halal bi halal adalah ketika kondisi politik di Indonesia masa Ir. Soekarno sedang memanas, para elit politik saling bertengkar sehingga tidak kondusif untuk berdiskusi dan pemberontakan terjadi di mana-mana di antaranya DI/TII dan PKI Madiun.

Baca Juga: Apa Itu Pengertian & Hadits Halal Bi Halal saat Idul Fitri 2022: Ini Waktu Pelaksanaan, Arti, dari Daerah Mana

Kemudian ketika bertepatan dengan Bulan Ramadhan, Ir Soekarno meminta saran terkait kondisi yang sedang terjadi ke K.H. Wahab Hasbullah.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah