Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat dan Tips Cara Baca Supaya Khatam dalam Satu Hari

- 20 Mei 2022, 08:40 WIB
Ilustrasi - Keutamaan Al-Kahfi. Keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat dan cara baca supaya khatam dalam satu hari.
Ilustrasi - Keutamaan Al-Kahfi. Keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat dan cara baca supaya khatam dalam satu hari. /PEXELS/@QR Stocks

BERITA DIY - Al-Kahfi merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Quran yang memiliki banyak keutamaan ketika dibaca pada hari Jumat. Di bawah ini juga ada cara membaca atau metode yang dapat diterapkan supaya surat Al-Kahfi dapat di khatamkan dalam satu hari.

Al-Kahfi merupakan surat Makkiyah yaitu surat yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Al-Kahfi berada pada juz 15 dan 16 merupakan surat ke-18 dengan jumlah ayat 110.

Dikutip dari Masjid Pedesaan, dalam surat Al-Kahfi terdapat empat kisah yang ketika dibaca dan direnungkan dapat memberi manfaat dan hikmah bagi yang membacanya.

Baca Juga: Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia Dibaca di Hari Jumat

Kisah pertama yang ada dalam surat Al-Kahfi yaitu tentang Ashabul Kahfi, tujuh orang pemuda yang tidur di dalam gua selama 309 tahun.

Para pemuda ini bersembunyi dalam gua untuk menghindari kekejaman pemimpinnya pada saat itu. Hal itu harus dilakukan untuk mempertahankan agama yang mereka yakini.

Kemudian kisah kedua yang ada dalam surat Al-Kahfi yaitu tentang Shaahibul Jannatain atau pemilik dua kebun. Kisah ini menceritakan tentang pemilik kebun yang merasa harta yang dia miliki tidak akan binasa.

Baca Juga: Faedah Mengaji Al Kahfi Ayat 1-10 pada Malam Jumat Bagi Muslim: Syafaat di Hari Akhir, Teks Arab Latin Indo

Dia merasa hartanya terus melimpah dan juga melakukan perbuatan jahat kepada orang lain. Sehingga Allah mencabut nikmat tersebut darinya dan kebun yang dia banggakan dibinasakan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x