Harga BBM Pertalite dan Pertamax Pertamina Hari Ini 2022 Lengkap, Erick Thohir Buka Suara Isu Harga Mau Naik

- 19 Mei 2022, 13:21 WIB
Harga BBM Pertalite di SPBU Pertamina hari ini 2022 lengkap disertai harga Premium hingga Pertamax, adakah harga bensin yang naik seperti dikabarkan?.
Harga BBM Pertalite di SPBU Pertamina hari ini 2022 lengkap disertai harga Premium hingga Pertamax, adakah harga bensin yang naik seperti dikabarkan?. /Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang mencari harga BBM Pertalite 2022 Jakarta hari ini, harga bensin Pertamax, harga BBM naik 2022, harga BBM Pertamina Mei 2022.

Simak harga BBM Pertalite di SPBU Pertamina hari ini 2022 lengkap disertai harga Premium hingga Pertamax, adakah harga bensin yang naik seperti dikabarkan?.

Pemerintah sebelumnya menetapkan Pertalite menjadi JBBKP menggantikan bensin RON 88 atau Premium. Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan yang diteken 10 Maret 2022.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Rakyat Sebelum Buat Kebijakan Kenaikan Harga BBM dan Listrik

Kuota Pertalite awalnya ditetapkan 23,05 juta kiloliter (kl). Kemudian dalam Rapat Kerja Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR pada 13 Maret 2022, disepakati kuota Pertalite tahun ini ditambah 5,4 juta kl sehingga total menjadi 28,50 juta kl. Adapun Solar subsidi ditambah 2,29 juta kl menjadi 17,39 juta kl.

Sesuai Keputusan Menteri ESDM dinyatakan bahwa wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian JBBKP meliputi seluruh wilayah NKRI. Adapun harga eceran JBBKP untuk jenis bensin RON 90 di titik serah, setiap liternya ditetapkan sebesar Rp7.650, sudah termasuk PPN dan PBBKB. Sementara harga keekonomian Pertalite saat ini mencapai Rp13.000 per liter.

Mekanisme penetapan harga BBM penugasan seperti Pertalite membutuhkan transparansi karena badan usaha harus menyiapkan dana besar dalam menjalankan penugasan pengadaan BBM tersebut di saat tren harga minyak dunia bertahan di atas 100 dolar/barel.

Baca Juga: Pertamax Resmi Naik! Ini Daftar Harga BBM Pertamina Pertalite, Solar, Pertamax Turbo Mulai Hari Ini 2022

"Pemerintah perlu fair saja saya kira. Dihitung bersama berapa harga wajarnya (BBM penugasan) kemudian pemerintah memberikan kompensasi terhadap selisih harga penetapan dengan harga wajar tersebut," kata Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro dikutip dari Antara, Kamis, 19 Mei 2022.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x