Perbedaan Hepatitis Akut dengan Jenis Hepatitis A, B, C, D, dan E: Apa Penyebab dan Gejala yang Ditimbulkan?

- 10 Mei 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi - Kenali gejala, penyebab, dan perbedaan Hepatitis akut dengan Hepatitis A, B, C, D, dan E.
Ilustrasi - Kenali gejala, penyebab, dan perbedaan Hepatitis akut dengan Hepatitis A, B, C, D, dan E. /PIXABAY/@PublicDomainPictures

BERITA DIY - Ketahui perbedaan antara Hepatitis Akut dengan berbagai jenis lain seperti Hepatitis A, B, C, D, dan E lengkap dengan penyebab dan gejala yang muncul.

Belakangan WHO secara resmi telah memberlakukan status Kejadian Luar Biasa atau KLB dari salah satu penyakit yang diduga termasuk dalam jenis Hepatitis yang akut.

Asanya dugaan penyakit Hepatitis Akut ini pun kemudian diketahuj telah menyebar dan mengakibatkan terjadinya berbagai kasus di sejumlah negara, termasuk yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Perkembangan Penyakit Hepatitis Akut di Indonesia: Ketahui Gejala, Cara Mencegah Penularan, dan Jumlah Kasus

Dari laporan Kemenkes, dugaan adanya penyakit Hepatitis akut ini terjadi pada 27 April 2022 yang lalu dan dikabarkan terdapat 3 kasus suspek penyakit yang masih dilakukan upaya penelitian tersebut.

Sedangkan dari laporan terbaru yang diberikan oleh Kemenkes beberapa waktu lalu, di Indonesia tercatat hingga saat ini terdapat dugaan atau suspek kasus Hepatitis akut yang mencapai 15 kasus.

Pihaknya pun menyatakan hingga kini masih menunggu laporan dari hasil penelitian yang dilakukan dengan adanya dugaan kemunculan penyakit yang diduga Hepatitis akut tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Hepatitis Akut? Ini Penjelasan Lengkap dengan Cara Mencegah Penularan terhadap Anak Umur 1 Bulan

Dalam rilis resmi yang dikutip dari setkab.go.id menyatakan bahwa adanya dugaan kasus Hepatitis akut sendiri disebutkan memiliki penyebab yaitu yang menyerang sistem pencernaan.

Sedangkan mengenai gejala yang ditimbulkan dari dugaan penyakit Hepatits akut ini sendiri yaitu seperti mual, muntah, sakit, perut, diare, hingga perbedaan warna saat BAB atau BAK.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x