Niat dan Tata Cara Sholat Jamak Taqdim dan Takhir untuk Muslim yang Sedang Bepergian di Lebaran Idul Fitri

- 8 Mei 2022, 16:10 WIB
 Niat dan tata cara melaksanakan sholat Jamak dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahnya untuk umat Islam yang sedang dalam perjalanan seperti saat Lebaran Idul Fitri 2022.
Niat dan tata cara melaksanakan sholat Jamak dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahnya untuk umat Islam yang sedang dalam perjalanan seperti saat Lebaran Idul Fitri 2022. / PEXELS/Monstera

BERITA DIY – Simak informasi mengenai pengertian sholat jamak taqdim dan jamak takhir untuk menyingkat sholat di satu waktu untuk umat Islam yang sedang melakukan perjalanan seperti saat Lebaran Idul Fitri 2022 kali ini.

Mendirikan sholat merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Sebagai rukun Islam yang kedua, ibadah sholat disebut sebagai tiang agama dan bukti seorang muslim untuk beribadah kepada Allah SWT.

Saking pentingnya sholat, kita diberikan berbagai kemudahan oleh Allah SWT untuk menjalankannya. Maksudnya adalah dalam berbagai keadaan, kita harus melaksanakan sholat apapun kondisinya.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Witir Lengkap dengan Tata Cara, Doa, Dzikir Tulisan Arab, Latin, Artinya

Untuk itu, Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita umat Islam untuk mendirikan sholat jika sewaktu-waktu kita berhalangan seperti sedang sakit atau sedang dalam perjalanan.

Dalam perkara sedang di perjalanan seperti saat Lebaran Idul Fitri 2022 ini, umat Islam diberikan rukhsah atau keringanan untuk menjalankan sholat fardhu. Keringanan tersebut disebut dengan sholat jamak.

Sholat jamak sendiri berarti menggabungkan dua sholat fardhu yang berdekatan dalam satu waktu sholat. Sholat jamak sendiri juga memiliki batasan, yaitu sholat zuhur hanya bisa dijamak dengan ashar, sedangkan maghrib dijamak dengan isya.

Baca Juga: Ikatan Cinta Spesial Idul Fitri 6 Mei 2022: Andin Heran dengan Mama Rossa yang Ikut Sholat Ied, Ada Apa?

Sholat jamak sendiri dibagi menjadi dua berdasarkan waktu pelaksanaannya, yaitu sholat jamak taqdim dan sholat jamak takhir. Sholat jamak taqdim merupakan penggabungan dua sholat fardhu yang dikerjakan di waktu sholat pertama, sedangkan sholat jamak takhir adalah sholat fardhu yang dikerjakan di waktu awal sholat kedua.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x