Cara Memasak Ketupat untuk Menu Sayur Ketupat Lebaran Hanya 40 Menit: Lembut, Pulen, dan Tahan Lama

- 1 Mei 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi - Panduan/tips cara memasak ketupat untuk menu sayur ketubat Lebaran 2022, hanya direbus 20 menit hasil pulen dan tahan lama.
Ilustrasi - Panduan/tips cara memasak ketupat untuk menu sayur ketubat Lebaran 2022, hanya direbus 20 menit hasil pulen dan tahan lama. /Unsplash/MufidMajnun/Mufid Majnun

BERITA DIY - Simak cara memasak ketupat untuk menu sayur ketupat Lebaran 2022, dijamin lembut pulen, tahan lama, anti gagal, dan cepat hanya direbus 40 menit.

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah jatuh sebentar lagi. Perayaan 1 Syawal bagi umat Islam itu identik dengan menu sayur ketupat. Tak lengkap rasanya apabila orang tak memasak ketupat.

Oleh karena itu, tulisan akan memaparkan cara memasak ketupat untuk menu sayur spesial lebaran 2022. Ada teknik tersendiri agar hasil lembut, pulen, tahan lama, dan membutuhkan waktu yang cepat.

Baca Juga: Cara Membuat dan Memasak Ketupat Padat, Anti Gagal, dan Tahan Lama untuk Lebaran Idul Fitri 2022

Channel YouTube 'Bisnis Ibu Rumah Tangga' memberikan resep dan tips cara rebus atau memasak ketupat cepat matang hanya 40 menit.

Tak hanya menghemat waktu, memasak ketupat hanya dengan 40 menit juga akan menghemat gas, tenaga, namun tetap dapat hasil yang pulen dan anti gagal hingga awet sampai dua hari.

Adapun bahan yang perlu disiapkan hanya 1 kilogram beras untuk mengisi 20 bungkus ketupat yang akan direbus. Cuci bersih beras dan rendam selama 2 jam.

Baca Juga: Resep Bistik Bola-Bola Daging Sapi, Menu Jamuan Sambut Tamu Hari Raya Lebaran 2022

Beras yang sudah direndam selama 2 jam itu membantu struktur pecah sehingga nanti lebih cepat pulen dan rapat ketika dimasak.

Isi setiap ketupat dengan takaran beras sekitar 3/4 atau setengah lebih sedikit dari volume ketupat agar nantinya beras mengembang dan rapat.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x