Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri 2022, Dianjurkan untuk Makan hingga Memakai Wewangian

- 1 Mei 2022, 16:20 WIB
Ilustrasi - Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri 2022, dianjurkan untuk makan, berpakaian terbaik hingga memakai wewangian.
Ilustrasi - Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri 2022, dianjurkan untuk makan, berpakaian terbaik hingga memakai wewangian. /FREEPIK/rawpixel.com

BERITA DIY - Amalan sunnah sebelum berangkat melaksanakan sholat Idul Fitri 2022 di lapangan, dianjurkan untuk makan, berpakaian terbaik hingga memakai wewangian.

Ada beberapa amalan sunnah yang dapat dilaksanakan sebelum dan setelah sholat Idul Fitri. Amalan tersebut akan menambah pahala sholat Idul Fitri bagi mereka yang melaksanakannya.

Sholat Idul Fitri merupakan momen yang sakral bagi umat islam di seluruh dunia. Ibadah sunnah ini hanya dilakukan satu kali dalam setahun.

Baca Juga: Balasan Minal Aidin Wal Faizin dan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum di Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2022

Sebelum Hari Raya Idul Fitri, umat islam telah menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan dan amalan-amalan sunnah lain, seperti sholat tarawih, witir, i'tikaf, hingga tadarus.

Pelaksanaan sholat Id atau Idul Fitri akan dilaksanakan pada 1 Syawal dan pada hari tersebut seluruh umat islam diharamkan untuk berpuasa.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan dengan 2 rakaat, terdapat 7 takbir pada rakaat pertama kemudian 5 takbir pada rakaat kedua.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri 1443 Makmum dengan Bacaannya yang Benar: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri 2 rakaat, jamaah dianjurkan untuk mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh khatib. Kemudian jamaah meninggalkan tempat sembari bersalaman dengan jamaah lain.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x