Tata Cara dan Niat Sholat Idul Fitri 1443 Makmum dengan Bacaannya yang Benar: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

- 1 Mei 2022, 14:00 WIB
 Tata cara dan niat sholat Idul Fitri 1443 Hijrah untuk makmum dengan bacaan yang benar, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.
Tata cara dan niat sholat Idul Fitri 1443 Hijrah untuk makmum dengan bacaan yang benar, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya. /Pexels / Chattrapal (Shitij) Singh.

BERITA DIY – Berikut tata cara dan niat sholat Idul Fitri 1443 untuk makmum dengan bacaan yang benar, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.

Shalat Idul Fitri adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan oleh seluruh umat Islam setiap tanggal 1 Syawal. Bahkan Nabi Muhammad tidak pernah absen untuk menjalankan sholat Idul fitri hingga akhir hayatnya.

Sholat Idul Fitri, atau sholat Ied lainnya, akan dikerjakan sebelum khutbah Ied dikumandangkan, hal ini berkebalikan dengan sholat Jum’at yang dikerjakan setelah khutbah Jum’at.

Baca Juga: Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri NU 2022 Tulisan Arab dan Latin Lengkap dengan Tata Cara Pelaksanaannya

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, bahwa "Aku menghadiri shalat id bersama Rasulullah saw., Abu Bakar, Umar (bin Khattab), dan Utsman (bin Affan). Semua mereka melakukan shalat sebelum khutbah" (H.R. Bukhari)

Selain itu, ciri khas dari sholat Ied atau Idul Fitri adalah jumlah takbir dalam setiap rakaat. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash, ia berkata bahwa Nabi saw. bersabda, "takbir pada waktu shalat Idul fitri 7 kali pada rakaat pertama dan 5 (kali) pada rakaat terakhir dan bacaan Al-Qur'an setelah itu semua." (H.R. Abu Dawud).
Tata cara melaksanakan Sholat Idul Fitri

· Shalat Ied terdiri dari dua rakaat

· Shalat Ied sebaiknya dilakukan dengan berjamaah,

· Setelah para jamaah sudah siap, barulah shalat dengan aba-aba: ashalaatul jaamia’ah yang artinya marilah kita shalat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x