Bacaan Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya

- 10 Mei 2021, 14:00 WIB
ILUSTRASI Sholat. Bacaan Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya.*
ILUSTRASI Sholat. Bacaan Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya.* /PIXABAY/mostafa_meraji

BERITA DIY – Bacaan sholat Idul Fitri dan tata caranya. Salah satu ibadah yang dilakukan saat hari Raya Idul Fitri yaitu Sholat Idul Fitri atau sholat Ied.

Sholat Ied terdiri dari dua rokaat dan ilakukan dua kali dalam setahun, yakni saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Simak bacaan sholat idul Fitri dan tata caranya di akhir artikel.

Beberapa daerah Indonesia melaksanakan sholat Ied tahun ini tak seperti biasa di masjid atau lapangan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kapan Lebaran Idul Fitri 2021? Ini Jadwal Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah

Sholat Id tidak wajib, namun termasuk dalam salat sunah muakkad. Artinya sholat ini walaupun bersifat sunah, tetapi sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

 

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan dalam kitabnya Fiqih Empat Madzhab, menurut Mazhab Hambali, hukum sholat idul fitri adalah fardhu kifayah bagi mereka yang telah wajib untuk sholat Jumat.

Mazhab Hanafi berpendapat, sholat idul fitri hukumnya fardhu ‘ain bagi mereka yang telah wajib untuk Sholat Jumat. Sehingga yang tidak mengerjakannya akan mendapat dosa.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x