Takbiran Idul Fitri 2022 Kapan versi NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah: Simak Bacaan Takbir Pendek dan Panjang

- 1 Mei 2022, 14:06 WIB
Ilustrasi jadwal kapan malam takbiran vesi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah, beserta bacaan takbir versi panjang dan pendek.
Ilustrasi jadwal kapan malam takbiran vesi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah, beserta bacaan takbir versi panjang dan pendek. /Antara/Dhemas Reviyanto

BERITA DIY - Simak malam takbiran Idul Fitri 2022 kapan versi Nahdlatul Ulama (NU), Pemerintah, dan Muhammadiyah beserta bacaan takbir pada malam menjelang Lebaran versi pendek dan panjang.

Saat ini telah memasuki penghujung bulan Ramadhan. Umat Muslim pun menyambut Lebaran yang ditandai dengan takbiran Idul Fitri. Simak jadwal kapan versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

Kegiatan malam sebelum Lebaran di mana masjid dan mushola mengumandangkan bacaan-bacaan doa disebut dengan malam takbiran. Artikel juga akan menampilkan bacaan takbir versi panjang dan pendek sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Jadwal Lebaran 2022 Tanggal Berapa? 3 Link Siaran Langsung Hasil Sidang Isbat Kemenag Hari Ini, 1 Mei 2022

Sebelumnya, Muhammadiyah telah memastikan jadwal Lebaran 2022 jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 menyusul Maklumat yang telah dikeluarkan.

Umat Muhammadiyah telah menjalankan ibadah puasa satu hari sebelum versi Pemerintah dan NU, yaitu pada tanggal 2 April 2022.

Dengan demikian, pengikut Muhammadiyah mejalankan ibadah puasa Ramadhan tepat 30 hari dan melaksanakan malam takbiran pada malam ini, Minggu, 1 Mei 2022.

Baca Juga: 300 Titik Sholat Idul Fitri 2022 di Yogyakarta: Kemenag DIY Izinkan Ibadah 1 Syawal 1443 H di Lapangan

Sementara itu, NU yang memiliki jadwal ibadah puasa sama dengan versi Pemerintah belum menentukan kapan Lebaran 2022 tiba.

Pemerintah melakukan Sidang Isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri hari ini. Agenda digelar dengan gabungan online maupun offline.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x