Tata Cara Melaksanakan Salat Idul Fitri: Waktu, Jumlah Takbir, Niat dengan Teks Arab, Latin, dan Artinya

- 30 April 2022, 10:35 WIB
 Ilustrasi tata cara salat Idul Fitri. Tata cara melaksanakan salat Idul Fitri: waktu, jumlah takbir, niat dengan teks Arab, latin, dan arti Indonesia
Ilustrasi tata cara salat Idul Fitri. Tata cara melaksanakan salat Idul Fitri: waktu, jumlah takbir, niat dengan teks Arab, latin, dan arti Indonesia /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY - Simak tata cara melaksanakan salat Idul Fitri: waktu, jumlah takbir, niat dengan teks Arab, latin, dan arti Indonesia. Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa yang tersisa tinggal hitungan hari.

Seperti diketahui bahwa setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan, umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 2022.

Pelaksanaan salat Idul Fitri Muhammadiyah akan berlangsung pada Senin, 2 Mei 2022. Sedangkan untuk NU dan pemerintah akan melaksanakan sidang isbat pada 1 Mei untuk penetapan 1 Syawal 1443 H.

Baca Juga: Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri NU 2022 Tulisan Arab dan Latin Lengkap dengan Tata Cara Pelaksanaannya

Dikutip BERITA DIY Dari Sumsel Kemenag melalui buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap ditulis oleh Moh. Rifa’I diterbitkan oleh C.V. TOHA PUTRA Semarang. 

Umat Islam memiliki dua hari raya yaitu Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal dan Hari Raya Idul Adha pada pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Waktu untuk melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul adha tersebut dimulai dari terbit Matahari sampai tergelincirnya.

Baca Juga: Tulisan Arab Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Serta Artinya Bahasa Indonesia dan Teks Latin di Sini

Hukum melaksanakan salat Idul Fitri dan Idul adha adalah sunah muakkad bagi laki-laki maupun perempuan, mukmin maupun musafir. Salah Idul Fitri dan Idul adha boleh dikerjakan sendirian namun sebaiknya dilakukan secara berjamaah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x