Zakat Mal: Kapan, Berapa, Nisab, Cara Menghitung hingga Contoh dan Jenisnya

- 30 April 2022, 05:10 WIB
ilustrasi - Berikut cara menghitung zakat mal, berapa nisab yang harus dikeluarkan, kapan dilaksanakan, hingga contoh dan jenis zakat mal.
ilustrasi - Berikut cara menghitung zakat mal, berapa nisab yang harus dikeluarkan, kapan dilaksanakan, hingga contoh dan jenis zakat mal. /FREEPIK/jcomp

BERITA DIY - Simak kapan zakat mal baik diberikan, berapa jumlahnya, nisab, cara menghitung, hingga contoh zakat harta yang dibayarkan.

Selain zakat fitrah, umat Islam juga bisa membayar zakat mal yang berupa harta. Namun kapan pelaksanaan, berapa yang harus dibayar, nisab, hingga cara menghitung?

Sebelumnya, Allah SWT memerintahkan umat-Nya yang mampu untuk menyisihkan sebagian harta dengan membayar zakat, salah satunya zakat mal.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga Teks Arab, Latin, Artinya Serta Doa Penerima Zakat Fitrah

Pengertian zakat mal yang diambil dari kata bahasa Arab 'maal' merujuk pada harta atau kekayaan. Dalam agama Islam, harta boleh dimiliki dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian, zakat mal adalah zakat yang dibayarkan dalam bentuk harta. Perolehan harta yang akan dibayarkan tidak bertentangan dan ketentuan agama Islam.

Salah satu firman Allah SWT dalam Al-Quran tentang zakat adalah Surat At-Taubah ayat 34 yang menyatakan Allah SWT akan memberikan siksaan yang pedih bagi orang yang enggan menyisihkan emas dan perak atau harta.

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Niat Zakat Fitrah atau Ijab Qabul Tulisan Arab, Latin dan Arti Indonesia, untuk Istri dll

يٰٓاَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ الْاَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih," (QS. At-Taubah ayat 34)

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x