Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2022 Dicek di Sini, Penetapan Lebaran Menurut NU, Kemenag dan Muhammadiyah

- 29 April 2022, 14:31 WIB
Ilustrasi - informasi pengumuman hari raya idul fitri bisa diketahui di sini serta penetapan lebaran menurut NU, Kemenag, dan Muhammadiyah.
Ilustrasi - informasi pengumuman hari raya idul fitri bisa diketahui di sini serta penetapan lebaran menurut NU, Kemenag, dan Muhammadiyah. /Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Berikut informasi pengumuman Hari Raya Idul Fitri bisa diketahui di sini serta penetapan Lebaran menurut NU, Kemenag dan Muhammadiyah.

Umat Islam yang sekarang sedanag melaksanakan ibadah wajib Puasa Ramadhan 1443 H tentunya sudah tidak sabar menunggu tanggal berapa Hari Raya Idul Fitri 2022.

Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia karena telah berhasil melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Baca Juga: Khutbah Sholat Idul Fitri 2022 Menyentuh Hati Para Jamaah Tentang Memperkuat Persatuan Umat Islam

Idul Fitri sendiri memiliki arti kembali suci, artinya orang tersebut setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan akan kembali suci atau bersih dari dosa.

Dalam penentuan awal Ramadhan 1443 H, pemerintah melalui Kemenag menentukan pada tanggal 2 April 2022.

Jika menurut perhitungan hisab, Kemenag menyatakan posisi hilal awal Syawal di Indonesia pada tanggal 1 Mei 2022 sudah memenuhi kriteria atau pada 29 Ramadhan 1443 H.

Baca Juga: Ini Hari Raya Idul Fitri 2022 NU, Kemenag dan Muhammadiyah Tanggal Berapa: Yuk Hitung Lebaran Berapa Hari Lagi

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan pada 1 Mei tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x