Apa Itu I’tikaf, Berikut Manfaat dan Waktu Utama Melaksanakannya Amalan Tersebut Ketika Ramadhan 1443 Hijriah

- 22 April 2022, 16:25 WIB
Ilustrasi - Penjelasan apa itu I’tikaf yang dianjurkan dilakukan pada Ramadhan 1443 Hijriah, berikut manfaat dan waktu utama untuk melaksanakannya.
Ilustrasi - Penjelasan apa itu I’tikaf yang dianjurkan dilakukan pada Ramadhan 1443 Hijriah, berikut manfaat dan waktu utama untuk melaksanakannya. /PIXABAY/kirill_sobolev

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai amalan I’tikaf bagi umat Islam yang dianjurkan untuk dilakukan pada Ramadhan 1443 Hijriah, berikut manfaat dan waktu yang utama untuk melaksanakannya.

I’tikaf adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan untuk umat Islam dengan berdiam diri di masjid dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, ibadah tersebut dianjurkan dengan hadis-hadis yang menunjukkan bahwa Rasulullah SAW sering melaksanakannya.

Hadis yang menunjukkan bahwa I’tikaf merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika Bulan Ramadhan, di mana ditunjukkan di hadis berikut ini:

Baca Juga: Bacaan Doa Itikaf untuk Lailatul Qadar Ramadhan, Niat Berdiam Diri di Masjid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Dari Aisyah ra “Rasulullah melakukan i’tikaf setiap bulan Ramadhan selama sepuluh hari, maka ketika di tahun menjelang wafatnya, Rasulullah beri’tikaf dua puluh hari.Dan istri-istrinya beri’tikaf setelah itu.”(HR. Bukhori dan Muslim).

Ibnu Umar ra berkata: “Rasulullah melakukan i’tikaf sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan” (HR. Bukhori dan Muslim).

Untuk melaksanakan I’tikaf seorang muslim harus memenuhi ketentuan berikut ini:

1. Niat melaksanakan hanya karena Allah.

2. Berhenti di masjid dengan minimal sekedar yang disebut berhenti.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x