Pengertian Itikaf, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaan Menurut Anjuran Nabi Beserta Keutamaan Menjalankannya

- 9 April 2022, 13:25 WIB
ilustrasi - Keutamaan menjalankan beserta pengertian itikaf, tata cara, dan waktu pelaksanaan menurut anjuran Nabi Muhammad SAW.
ilustrasi - Keutamaan menjalankan beserta pengertian itikaf, tata cara, dan waktu pelaksanaan menurut anjuran Nabi Muhammad SAW. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak pengertian itikaf, tata cara, dan waktu pelaksanaan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW beserta keutamaan di dalamnya.

Itikaf merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di dalam bulan suci Ramadan terutama pada 10 hari terakhir.

Ibadah ini biasanya ditunaikan di dalam suatu masjid selama beberapa waktu dan mengisinya dengan amalan kebaikan seperti zikir dan membaca Al-Qur'an.

Namun sebelum melaksanakannya ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian i'tikaf, tata cara, dan waktu pelaksanaan yang telah ditulis lengkap dalam artikel ini.

Baca Juga: Kapan Waktu Mandi Junub saat Puasa Ramadhan, Mandi Dulu atau Sahur Dulu Agar Puasa Sah? Jangan Sampai Salah

Pengertian Itikaf

Dikutip dari laman resmi Kemenag, pengertian itikaf ialah berdiam diri di masjid dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah.

Maksud dari berdiam diri tersebut adalah seseorang yang tengah melaksanakan itikaf tidak meninggalkan masjid selama beberapa waktu dan terus melakukan ibadah di dalamnya.

Rasulullah SAW sendiri telah mencontohkan langsung selama semasa hidupnya senantiasa melakukan itikaf terutama pada 20 dan 10 hari terakhir Ramadhan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x