Hukum Keluar Mani Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, Apakah Membatalkan Puasa atau Tidak?

- 20 April 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi - hukum keluar mani saat sedang menjalankan ibada puasa di bulan Ramadha. Apakah membatalkan puasa atau tidak?
Ilustrasi - hukum keluar mani saat sedang menjalankan ibada puasa di bulan Ramadha. Apakah membatalkan puasa atau tidak? /PIXABAY/Public Domain Pictures

BERITA DIY - Berikut hukum keluar mani saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Apakah membatalkan puasa atau tidak?

Puasa merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim di saat bulan Ramadhan.

Umat muslim mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan menahan hawa nafsu, lapar, haus, hingga amarah dari setelah terbit fajar hingga matahari terbenam.

Baca Juga: Hukum Tidur Siang Saat Puasa Ramadhan, Benarkah Termasuk Ibadah?

Baca Juga: Hukum Onani Saat Puasa dalam Ajaran Islam, Apakah Membatalkan Puasa?

Baca Juga: Arti Istilah NNN Challenge atau No Nut November? Bahaya dan Manfaat Masturbasi atau Onani Bagi Kesehatan

Adapun keluar mani pada laki-laki bisa dikatakan membuat batal puasa apabila hal tersebut sengaja dilakukan baik dengan cara onani atau bersetubuh.

Dalam kitab Hasyiatu Ash-Syarqawi ‘Ala At-Tahrir disebutkan bahwa mengeluarkan air mani dengan mutlak dan keluar mani sekalipun tanpa syahwat dalam keadaan sadar adalah membatalkan puasa.

Berdasarkan hal di atas, maka orang yang keluar mani saat puasa secara sadar baik melalui onani atau berhubungan badan sudah dipastikan batal puasanya.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x