Onani Bikin Batal Puasa, Bagaimana dengan Mimpi Basah? Ini Hukum Keluar Air Mani di Saat Puasa

- 11 April 2022, 12:50 WIB
Ilustrasi mandi besar. Ternyata, onani saat sedang berpuasa membuat puasa tersebut batal. Lalu, bagaimana dengan mimpi basah? Apa hukum keluar air mani saat puasa?
Ilustrasi mandi besar. Ternyata, onani saat sedang berpuasa membuat puasa tersebut batal. Lalu, bagaimana dengan mimpi basah? Apa hukum keluar air mani saat puasa? /PIXABAY/PIRO4D

 

BERITA DIY - Ternyata, onani saat sedang berpuasa membuat puasa tersebut batal. Lalu, bagaimana dengan mimpi basah? Apa hukum keluar air mani di saat puasa?

Pada bulan Ramadhan ini, kita sudah tahu bahwa umat Islam diwajibkan untuk menjaga hawa nafsunya, baik kepada minum dan makan, maupun kepada hal yang memancing birahi.

Bahkan, rasa birahi, apalagi hingga melakukan persetubuhan, meskipun dengan istri atau suami sah sendiri, tetap dapat membatalkan puasa.

Baca Juga: Cara Cegah Dehidrasi saat Puasa Ramadhan, Berapa Banyak Air Putih yang Harus Dikonsumsi?

Artinya, segala hal yang memancing birahi seseorang, yang dengan sengaja dan secara sadar dilakukan, dilarang dilakukan di bulan Ramadhan karena dapat membatalkan puasa.

Lalu, bagaimana dengan mimpi basah serta onani yang mengakibatkan keluarnya air mani pada laki-laki?

Sebenarnya, keluarnya air mani pada saat puasa tidaklah memiliki hukum yang tetap, entah membatalkan puasa, maupun tidak, tergantung dengan keadaan yang dialami seseorang.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Untuk Wilayah Jakarta dan Sekitarnya 9 Ramadhan, Senin, 11 April 2022

Mengutip fatwa seorang ulama besar Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Syekh Ali Jum’ah yang dilansir dari laman NU Jatim, jatim.nu.or.id, pada 7 April 2022 disebutkan bahwa mimpi basah pada siang hari yang menyebabkan keluarnya air mani tidak membatalkan puasa.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x