Apa Itu Vaksin Kanker Serviks yang akan Diberikan Gratis di Tahun 2022? Ini Manfaat dan Sasaran Peneirmanya

- 20 April 2022, 11:32 WIB
Ilustrasi - apa itu vaksin HPV yang cegah kanker serviks dan akan diberikan secara gratis di tahun 2022? ini manfaat dan sasaran penerimanya.
Ilustrasi - apa itu vaksin HPV yang cegah kanker serviks dan akan diberikan secara gratis di tahun 2022? ini manfaat dan sasaran penerimanya. /Pixabay/Katja Fuhlert

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu vaksin HPV yang cegah kanker serviks dan akan diberikan secara gratis di tahun 2022. Ini manfaat dan sasaran penerimanya.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akan memberikan vaksin Human Papillomavirus (HPV) untuk mencegah kanker serviks secara gratis di tahun 2022.

Adapun program pemberian vaksin kanker serviks gratis di tahun 2022 akan dimulai dengan menyasar anak perempuan kelas 5 dan 6 SD (Sekolah Dasar).

Baca Juga: Vaksin saat Puasa Ramadhan 2022 Batal atau Tidak? Ini Penjelasan Fatwa MUI Soal Tes Swab dan Vaksinasi

Dikutip dari ANTARA, Kelompok Penasihat Strategis Ahli tentang Imunisasi (SAGE) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan pemberian vaksin HPV bisa memberikan perlindungan kuat terhadap virus penyebab kanker serviks.

Ketua SAGE Dr Alejandro Cravioto mengatakan kanker serviks merupakan pembunuh diam-diam atas lebih dari 95 persen kasus yang disebabkan oleh HPV.

Ia juga menuturkan bahwa kanker serviks merupakan jenis kanker paling umum nomor empat yang ditemui pada wanita yang tingga di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca Juga: Hukum Suntik Vaksin Covid-19 Saat Puasa Ramadhan, Membatalkan Puasa?

Adapun dosis vaksin HPV yang direkomendasikan oleh SAGE adalah satu atau dua dosis untuk anak perempuan berusia 9-14 tahun.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x