Penyebab Kanker Prostat, Angka Kejadian Kanker Prostat di Indonesia dan Cara Mencegah Kanker Prostat

- 26 Januari 2022, 21:15 WIB
ILUSTRASI - Gambar ilustrasi kanker prostat. Penyebab kanker prostat hingga cara mencegah kanker prostat.
ILUSTRASI - Gambar ilustrasi kanker prostat. Penyebab kanker prostat hingga cara mencegah kanker prostat. /www.cancer.org

BERITA DIY - Simak uraian tentang kanker prostat mulai dari pengertian, penyebab, cara mencegah kanker prostat, hingga angka kejadian kanker prostat di Indonesia.

Prostat sendiri merupakan bagian organ reproduksi pria berupa kelenjar kecil berbentuk kenari. Kelenjar ini menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi, melindungi, dan mengangkut sperma.

Ketika aktivitas di dalam kelenjar prostat mengalami hal tidak wajar seperti produksi sel-sel berkembang terlalu banyak, hal itu bisa jadi indikasi terjadinya kanker prostat.

Baca Juga: Profil Virgil Abloh, Perancang Busana Louis Vuitton yang Meninggal Dunia Karena Kanker Langka

Baca Juga: Mengenal Kanker Prostat yang Diderita Presiden SBY: Penyebab, Gejala, hingga Pengobatan

Penyebab kanker prostat

Melansir dari cancer.org, kanker prostat dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh di luar kendali. Prostat sendiri merupakan kelenjar yang hanya dimiliki pria, dari prostat itu membuat cairan yang merupakan bagian dari air mani.

Prostat berada di bawah kandung kemih dan di depan rectum (bagian terakir dari usus). Tempat di belakang prostat adalah kelenjar yang disebut vesikula seminalis, yang membuat sebagian besar cairan untuk air mani.

Ketika produksi dalam kelenjar prostat mulai berkembang dan tumbuh tak terkendali, maka sel-sel yang terdapat dalam prostat dapat memicu tumbuhnya kanker.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan: Mampu Kurangi Resiko Kanker

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: Cancer.org WHO hopkins medicine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x