Mengenal Kanker Prostat yang Diderita Presiden SBY: Penyebab, Gejala, hingga Pengobatan

- 4 November 2021, 21:00 WIB
SBY menderita penyakit kanker prostat. Ketahui pengertian dari kanker prostat, gejala, penyebab, hingga pengobatannya.
SBY menderita penyakit kanker prostat. Ketahui pengertian dari kanker prostat, gejala, penyebab, hingga pengobatannya. /Twitter.com/@SBYudhoyono

BERITA DIY - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah didiagnosis menderita kanker prostat (prostate cancer) dari beberapa hasil pemeriksaan medis. Simak penjelasan tentang penyakit kanker prostat mulai dari penyebab, gejala, hingga pengobatannya di berikut ini.

Melalui beberapa rekam medis seperti magnetic resonance imaging (MRI), positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, biopsi, SBY mendapat diagnosa kanker prostat stadium awal.

Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan sebelumnya telah memberi pernyataan resmi terkait perawatan lanjutan yang akan dijalani SBY di luar negeri pada, Selasa, 2 November 2021.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan: Mampu Kurangi Resiko Kanker

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Adalah Obat Anti-Kanker Prostat

Perihal itu juga telah terdengar oleh Presiden Jokowi melalui sambungan telepon, yang kemudian direspon dengan pemberian mandat anggota Tim Dokter Kepresidenan untuk mendampingi SBY dalam pengobatan tersebut.

Kabar terbaru, hari ini, Kamis, 4 November 2021 Presiden ke-6 SBY telah tiba di Amerika Serikat untuk melakukan perawatan medis terkait kanker prostat yang dideritanya.

Lantas, apa itu kanker prostat yang tengah diderta Presiden SBY, penyebabnya, hingga perawatannya?

Prostat sendiri merupakan bagian organ reproduksi pria berupa kelenjar kecil berbentuk kenari. Kelenjar ini menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi, melindungi, dan mengangkut sperma.

Melansir dari Prostate Cancer UK, kanker prostat terjadi ketika sel-sel di dalam kelenjar prostat mulai tumbuh tidak terkendali dan berkembang menjadi kanker.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Mayo Clinic Prostate Cancer UK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x