Sejarah dan Amalan-Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

- 19 April 2022, 15:05 WIB
 ilustrasi  Nuzulul Qur'an, sejarah Nuzulul Qur'an dan amalan-amalan sesuai sunnah nabi apa saja yang bisa dilakukan oleh umat Islam.
ilustrasi Nuzulul Qur'an, sejarah Nuzulul Qur'an dan amalan-amalan sesuai sunnah nabi apa saja yang bisa dilakukan oleh umat Islam. /Pixabay/@erickromansyah/42 images

BERITA DIY - Berikut sejarah Nuzulul Qur'an dan amalan-amalan sesuai sunnah nabi apa saja yang bisa dilakukan oleh umat Islam.

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang bersejarah di mana pada malam tersebut malaikat jibril menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW atau bisa disebut peristiwa diturunkannya Al-Qur'an.

Momen malam Nuzulul Qur'an biasanya dilakukan pada tanggal 17 Ramadhan, dan ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim.

Baca Juga: 5 Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

Lalu apa sebenarnya Nuzulul Qur'an? dan Amalan-amalan apa saja yang bisa dilakukan saat momen ini?

Nuzulul Qur'an menurut Departemen Agama Maluku Utara dikutip dari malut.kemenag.go,.id adalah adalah peristiwa turunnya Al-Qur'an pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW.

Apabila menyesuaikan dengan kalender Masehi tahun ini, maka jadwal malam Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Selasa, 19 April 2022.

Baca Juga: Kapan Nuzulul Qur’an di Ramadhan 2022? Begini Sejarah hingga Amalan yang Bisa Dilakukan 

Sementara untuk sejarah Nuzulul Qur'an yang merupakan peristiwa penerimaan wahyu pertama Nabi Muhammad oleh malaikat Jibril sendiri bisa dilihat pada Al-Qur'an Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x