5 Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

- 19 April 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi tadarus Al-Qur'an. Berikut ini 5 amalan malam Nuzulul Qur'an sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW mulai dari membaca Al-Qur'an hingga berzikir.
Ilustrasi tadarus Al-Qur'an. Berikut ini 5 amalan malam Nuzulul Qur'an sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW mulai dari membaca Al-Qur'an hingga berzikir. /pexels.com/Tayeb MEZAHIDA

BERITA DIY - Berikut ini 5 amalan malam Nuzulul Qur'an sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW selengkapnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan. Bulan ini juga dikenal dengan sebutan bulan Al-Qur'an, sebab kitab suci umat Islam itu turun tepat pada tanggal 17 Ramadhan.

Peristiwa turunnya Al-Qur'an itu pun dinamakan dengan Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran merupakan waktu turunnya Alquran yang bertepatan dengan malam yang disebut dengan Lailatul Qadar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya.

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Ramadhan Tentang Nuzulul Qur'an untuk Kultum Tarawih, Berbuka, dan Ceramah Subuh

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Pada tahun 2022 ini, Nuzulul Quran jatuh tepat pada 19 April 2022. Sebab malam tersebut malam istimewa, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan wajib maupun sunnah.

 

Berikut 5 amalan malam Nuzulul Quran:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x