Teks Materi Ceramah Memaknai Hikmah Nuzulul Quran untuk Kultum Singkat di Bulan Ramadhan Penuh Inspirasi

- 18 April 2022, 10:10 WIB
Ilustarsi - teks materi ceramah memaknai hikmah Nuzulul Qur’an untuk kultum singkat di bulan Ramadhan baik shalat tarawih, subuh, atau berbuka.
Ilustarsi - teks materi ceramah memaknai hikmah Nuzulul Qur’an untuk kultum singkat di bulan Ramadhan baik shalat tarawih, subuh, atau berbuka. /PEXELS/Mariakray

BERITA DIY – Berikut teks materi ceramah memaknai hikmah Nuzulul Qur’an untuk kultum singkat di bulan Ramadhan yang penuh inspirasi.

Melihat sejarah Islam, hadirnya Nuzulul Qur’an terjadi sekitar pada 610 masehi, atau saat Rasulullah Saw menerima wahyu pertama dari malaikat Jibril. Wahyu tersebut adalah menandakan pertama dan awal dari turunnya ayat-ayat al-Qur’an sebagai kitab Suci umat muslim seluruh dunia.

Peristiwa itu terjadi di Gua Hira, sekitar kaki Jabal Nur dekat dengan Makkah. Ada beberapa pendapat mengenai awal turunya wahyu tersebut, ada yang menjelaskan bahwa peristiwa penting tersebut terjadi pada 17 Ramadhan.

Baca Juga: Jadwal Indosiar Hari Ini Senin 18 April 2022 Tausiyah Jelang Buka Kultum Keluargaku Surgaku oleh Ustaz Subkhi

Sedangkan menurut ulama lain, peristiwa penting Nuzulul Qur’an terjadi pada 21 Ramadhan sebelum matahari terbit, atau sekitar 10 Agustus 610 M saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun, 6 bulan, dan 12 hari sesuai kalender Hijriyah.

Terlepas dari itu semua, Nuzulul Qur’an menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam serta keistimewaan di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, banyak umat muslim memperingati Nuzulul Qur’an dengan beberapa kegiatan, bahkan diisi dengan pengajian atau sejenisnya.

Berikut teks materi ceramah memaknai hikmah Nuzulul Qur’an untuk kultum singkat di bulan Ramadhan yang penuh inspirasi yang dikutip BERITA DIY dari disbudpar.acehprov.go.id.

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Lunas Utang karena Surat Al-Ikhlas, Cocok untuk Kultum Tarawih dan Berbuka Ramadhan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x