Kapan Nuzulul Qur’an di Ramadhan 2022? Begini Sejarah hingga Amalan yang Bisa Dilakukan 

- 18 April 2022, 19:38 WIB
Ilustrasi - Penjelasan kapan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan 2022 dan begini sejarah hingga amalan yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Penjelasan kapan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan 2022 dan begini sejarah hingga amalan yang bisa dilakukan. /PIXABAY/freebiespic

BERITA DIY - Kapan Nuzulul Quran di bulan Ramadhan 2022 menjadi pertanyaan sejumlah orang. Simak jawaban dan ulasan sejarah hingga amalan yang bisa dilakukan saat Nuzulul Qur’an.

Nuzulul Qur’an diketahui tepat pada tanggal 17 Ramadhan. Sehingga, pada Ramadhan 1443 H atau 2022 M, Nuzulul Qur’an jatuh pada Selasa, 19 April 2022.

Di malam Nuzulul Qur’an banyak masjid dan musala menyelenggarakan pengajian. Ini merupakan bentuk memperingati peristiwa penting bagi umat Islam.

Baca Juga: Jadwal Kapan Nuzulul Quran 17 Ramadhan 2002: Bacaan Doa, Keutamaan, Amalan Malam, Apa yang Harus Dilakukan

Nuzulul Qu’an merupakan peristiwa Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu berupa Al-Qur’an. Wahyu itu disampaikan melalui malaikat Jibril.

Kisah ini bermula ketika Rasulullah SAW mendapatkan mimpi yang menjadi kenyataan. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan, Aisyah RA berkata: 

“Peristiwa awal turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW adalah diawali dengan Ar-ru'yah ash-shadiqah (mimpi yang benar) di dalam tidur. Tidaklah Beliau bermimpi, kecuali yang Beliau lihat adalah sesuatu yang menyerupai belahan cahaya Shubuh. Dan di dalam dirinya dimasukkan perasaan untuk selalu ingin menyendiri.

Baca Juga: Ibadah dan Amalan Malam Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan atau Malam Ini, Beserta Doa dalam Latin dan Artinya

Sejak mendapatkan mimpi-mimpi itu, Nabi Muhammad SAW senang beribadah dan menyendiri di Gua Hira pada malam hari.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x