Apakah Jumat Agung Termasuk Libur? Penjelasan Tata Cara Ibadah dalam Rangkaian Paskah Selain Kamis Putih

- 14 April 2022, 14:00 WIB
Ini pengertian, tata cara ibadah, dan penjelasan apa Jumat Agung memperingati Paskah akan libur.
Ini pengertian, tata cara ibadah, dan penjelasan apa Jumat Agung memperingati Paskah akan libur. /pixabay/ geralt

BERITA DIY - Penjelasan mengenai apa itu Jumat Agung lengkap dengan rangkaian ibadah dalam Paskah selain Kamis Putih, tata cara ibadah, dan apa termasuk hari libur.

Pada tahun 2022 ini, umat Kristiani rencananya akan memperingati peringatan Hari Raya Paskah yang akan dilakukan tepatnya yaitu pada hari Minggu 17 April 2022 yang akan datang.

Sebelum nantinya memperingati perayaan Hari Raya Paskah, terdapat beberapa rangkaian ibadah yang akan dilakukan oleh segenap umat Kristiani sebelum hadirnya hari tersebut.

 Baca Juga: Apa Itu Rabu Abu? Berikut Makna, Arti, Kapan, dan Aturan Pra-Paskah Agama Katolik

Beberapa rangkaian ibadah menyambut peringatan Hari Raya Paskah tersebut telah dimulai yaitu pada hari ini atau Kamis 14 April 2022 yang ditandai dengan adanya ibadah misa Kamis Putih.

Sedangkan setelah menyelesaikan Kamis Putih, maka keesokan harinya umat Kristiani akan memperingati rangkaian ibadah Hari Raya Paskah yang dikenal dengan Jumat Agung.

Pada Jumat Agung ini sendiri merupakan salah satu hari dimana umat Kristiani akan menjalankan berbagai ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan guna memperingati perjamuan malam terakhir Yesus Kristus.

 Baca Juga: Kalender Liturgi Katolik 2022: Daftar Hari Raya Umat Katolik Mulai Prapaskah, Paskah, Kenaikan Tuhan dan Natal

Penjelasan Apa Itu Jumat Agung

Dalam sejarahnya peringatan Jumat Agung memang telah dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama, hal ini menjadi salah satu hari dimana akan memperingati kebangkitan Yesus Kristus.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x