Apa Itu Rabu Abu? Berikut Makna, Arti, Kapan, dan Aturan Pra-Paskah Agama Katolik

- 1 Maret 2022, 15:15 WIB
Ilustrasi makna Rabu Abu Pra-Paskah agama katolik bukan hari raya wajib lengkap dengan arti, aturan, pantangan hari Rabu, kapan dan apakah wajib puasa atau tidak.
Ilustrasi makna Rabu Abu Pra-Paskah agama katolik bukan hari raya wajib lengkap dengan arti, aturan, pantangan hari Rabu, kapan dan apakah wajib puasa atau tidak. /UNSPLASH/Greg Rosenke

BERITA DIY - Simak apa itu Rabu Abu mulai dari makna, arti, aturan, hingga pantangan ritual Pra-Paskah umat agama Katolik.

Hari Raya Rabu Abu jatuh pada hari Rabu, tanggal 2 Maret 2022 dan merupakan salah satu Hari Raya Wajib sebagai peringatan tanda pertobatan menuju kemenangan dan kebangkitan Kristus.

Rabu Abu diperingati pada saat 40 hari tanpa Minggu atau 44 hari dengan menghitung Minggu, sebelum dilaksanakannya hari Paskah.

Baca Juga: Mengenal Arti Rabu Abu, Beserta Rangkaian Ibadah Katolik dan Tata Cara Puasa Pantang pada 2 Maret 2022

Peringatan Rabu Abu dilaksanakan sebelum Jumat Agung serta merupakan hari pertama masa Pra-Paskah dalam liturgi gerejawi.

Istilah Rabu Abu berasal dari ritual yang dilaksanakan yakni mengoleskan abu pertobatan pada dahi jemaat disertai ucapan-ucapan.

Kalimat "Bertobatlah dan percayalah pada Injil" merupakan salah satu ucapan yang akan dilakukan ketika ritual abu dioleskan ke dahi para jemaat.

Ucapan lain ketika ritual pengolesan debu yakni "Ingatlah bahwa engkau adalah debu, dan engkau akan kembali menjadi debu"

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Misa Rabu Abu Online di Katedral Jakarta dan Gereja-Gereja Yogyakarta

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x