Jadwal Masa PraPaskah 2022 Umat Katolik, Dimulai Peringatan Rabu Abu hingga Hari Raya Paskah

- 26 Februari 2022, 13:40 WIB
Ilustrasi – Jadwal Masa PraPaskah 2022 Umat Katolik, dimulai peringatan Rabu Abu pada Rabu, 2 Maret 2022.
Ilustrasi – Jadwal Masa PraPaskah 2022 Umat Katolik, dimulai peringatan Rabu Abu pada Rabu, 2 Maret 2022. /pixabay/ geralt

BERITA DIY – Simak jadwal Masa Prapaskah 2022 Umat Katolik, dimulai dari peringatan Rabu Abu hingga Hari Raya Paskah.

Umat Katolik di seluruh dunia termasuk Indonesia akan memasuki Masa Prapaskah 2022 yang akan di diawali peringatan Rabu Abu.

Rabu Abu merupakan hari pertama masa Pra Paskah yang menandai bahwa Umat Katolik memasuki masa tobat 40 hari sebelum Paskah.

Baca Juga: Mengenal Hari Raya Kristiani Kristen dan Katolik: Natal, Paskah, Pentakosta, hingga Kenaikan Yesus Kristus

Tanda Pertobatan Rabu Abu ditandai dengan penerimaan abu dalam bentuk salib di dahi Umat. Peringatan Rabu Abu juga merupakan hari pertama masa puasa dan pantang bagi umat katolik.

Umat Katolik wajib melakukan puasa pada Hari Rabu Abu dan Jumat Agung atau Wafat Isa Almasih. Sementara hari Jumat setiap minggunya, Umat Katolik menjalankan pantang.

Dilansir dari imankatolik.or.id, puasa artinya makan kenyang satu kali dalam sehari. Puasa wajib dilakukan saat berusia 18 tahun hingga 60 tahun.

Baca Juga: Sejarah Perayaan Paskah Umat Kristiani

Sementara, pantang memiliki arti setiap orang memilih dan menentukan sendiri hal-hal yang ingin dikurangi dari kebiasaan atau kesukaannya wajib dilakukan ketika sudah berumur 14 tahun keatas.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x