Contoh Ringkasan Kultum Nuzulul Quran di Bulan Ramadhan: Lengkap dengan Keutamaan dan Ibadah yang Dilaksanakan

- 13 April 2022, 19:30 WIB
Simak contoh kultum Nuzulul Quran serta sejarah, ibadah, dan keutamaan malam pada Ramadhan.
Simak contoh kultum Nuzulul Quran serta sejarah, ibadah, dan keutamaan malam pada Ramadhan. /PEXELS/@Rhyan Stark

BERITA DIY - Ketahui contoh ringkasan dalam Kultum Nuzulul Quran lengkap dengan keutamaan dan ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Dalam bulan Ramadhan, di dalamnya terdapat beberapa hari yang memiliki berbagai keutamaan. Salah satu hari tersebut ialah dikenal dengan nama malam Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran sendiri diketahui merupakan waktu pertama kali wahyu dari Allah SWT berupa ayat Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Baca Juga: Ajaran Sesat Syarif Situbondo, saat Puasa Ramadhan Boleh Merokok dan Berhubungan Badan di Siang Hari

Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan selanjutnya turun secara muttawatir atau perlahan-lahan tersebut diawali dengan turunnya surat Al-Alaq ayat 1 hingga 5.

Waktu turunnya wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW tersebut yang kemudian dikenal dengan Nuzulul Quran sendiri diketahui turun pada malam 17 Ramadhan. 

Sehingga momentum pertama kali turunnya wahyu tersebut atau dikenal dengan Nuzulul Quran hingga sampai saat ini tetap diperingati oleh ummat Islam setiap tanggal 17 Ramadhan.

Baca Juga: 2 Doa Buka Puasa Ramadhan Selain Allaahumma Lakasumtu dengan Cara Membaca Bacaan Niat Latin dan Artinya

Lebih lanjut, jika menilik pada bulan Ramadhan kali ini, maka malam 17 Ramadhan yang bertepatan dengan Nuzulul Quran tersebut akan jatuh tepatnya atau bertepatan dengan 18 April 2022 yang akan datang.

Dalam malam Nuzulul Quran tersebut diketahui terdapat berbagai ibadah yang mengandung keutamaan bagi setiap umat Islam yang akan melaksanakan pada malam yang mulia itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x