Perbedaan Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar dan Keutamaannya

- 29 April 2021, 15:55 WIB
Perbedaan Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar dan Keutamaannya
Perbedaan Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar dan Keutamaannya /Pixabay/Ilm911./

BERITA DIY – Berikut perbedaan Nuzulul Quran dengan Lailatul Qadar dan keutamaanya.

Nuzulul Qur’an merupakan istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al-Qur’an" secara keseluruhan dari lauhulmahfuz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Lalu, diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Baca Juga: Indonesia Kehilangan Putra Terbaiknya, Wagub DKI Jakarta Ariza Patria Berduka atas Gugurnya Kepala BIN Papua

Sedangkan Lailaatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al-Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Nuzulul Qur’an biasanya diperingati pada malam 17 Ramadhan, sedangkan Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malah yang terkahir di bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan samapai terbit fajar,” (QS. Al-Qadr 1-5).

Baca Juga: Kiki Berduaan di Apartemen Rendy, Reaksi Tante Mayang Tak Terduga: Bocoran Ikatan Cinta Episode 255 Malam Ini

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x