Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya serta Keutamaan Zakat

- 12 April 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi - Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia serta keutamaan berzakat.
Ilustrasi - Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia serta keutamaan berzakat. /FREEPIK/jcomp

BERITA DIY - Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia serta keutamaan berzakat tersedia di sini.

Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi laki-laki dan perempuan muslim diilaksanakan pada bulan Ramadhan dan sebelum sholat Idul Fitri.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Membayar zakat fitrah juga berfungsi sebagai penyempurna ibadah puasa. Hal ini sesuai dengan salah satu hadist:

“(Puasa) di bulan Ramadhan digantungkan di antara langit dan bumi, tidak diangkat menuju Allah kecuali dengan zakat fitrah," (HR Ad-Dailami).

Besaran zakat fitrah yakni beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Selain itu, para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Ramadhan 2022, untuk Diri Sendiri hingga Istri Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah