Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa Ramadhan Membatalkan atau Tidak? Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

- 10 April 2022, 03:00 WIB
ilustrasi - Apa hukumnya mencicipi makanan saat puasa, ini penjelasan singkat serta mudah dipahami dari Ustad Abdul Somad.
ilustrasi - Apa hukumnya mencicipi makanan saat puasa, ini penjelasan singkat serta mudah dipahami dari Ustad Abdul Somad. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY- Berikut merupakan penjelasan hukum mencicipi makanan saat puasa Ramadhan membatalkan atau tidak. Simak selengkapnya dari Ustad Abdul Somad mengenai hukum mencicipi makanan saat berpuasa.

Hukum mencicipi makanan adalah salah satu hal yang paling umum dipertanyakan ketika bulan Ramadhan. Tidak terkecuali Ramadhan tahun ini karena banyak yang mempertanyakan hal serupa.

Mencicipi makanan juga menjadi kebiasaan sebagian besar orang ketika memasak. Hal itu tidak memandang bahwa yang sedang memasak tersebut seorang ibu rumah tangga atau chef profesional.

Baca Juga: Jadwal Maghrib Buka Puasa Yogyakarta Hari Ini 9 April 2022, Sleman, Bantul, Kulon Progo, Solo dan Sekitarnya

Untuk itu perihal hukum mencicipi makanan ketika berpuasa tersebut harus jelas. Artikel ini merujuk berdasarkan ceramah yang disampaikan oleh Ustad Abdul Somad yang diunggah melalui laman YouTube Fodamara (forum dakwah Masjid Raya) TV pada 3 Maret 2017.

Dalam video tersebut menampilkan Ustad Abdul Somad yang tengah menjawab pertanyaan dari jamaah yang datang. Salah satu pertanyaan tersebut adalah apa hukumnya mencicipi makanan pada saat berpuasa.

Ustad Abdul Somad kemudian menjelaskan perihal hukum mencicipi makanan. Dalam keterangan tersebut, ia memberikan keterangan melalui pendapat Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz yang juga seorang ulama dari Arab Saudi.

Baca Juga: Hukum Menelan Ludah Saat Puasa Menurut Buya Yahya Beserta Contoh, Apakah Membatalkan Puasa?

UAS pun menjelaskan perihal hukum mencicipi makanan bagi laki-laki yang bekerja sebagai chef dan bagi ibu rumah tangga. Dalam video tersebut, UAS menjelaskan hukum mencicipi makanan dengan mengambil hukum fikih dari Syekh Abdul Aziz mengatakan bahwa hukum mencicipi makanan saat berpuasa adalah boleh atau tidak apa-apa.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x