Puasa Batal Jika Alami 7 Hal Ini, Simak Penyebab Ibadah Tidak Sah Menurut Al-Quran dan Hadits

- 3 April 2022, 16:54 WIB
Ilustrasi puasa batal apabila mengalami tujuh hal yang menyebabkan ibadah tidak sah menurut Al-Quran dan hadits.
Ilustrasi puasa batal apabila mengalami tujuh hal yang menyebabkan ibadah tidak sah menurut Al-Quran dan hadits. /PIXABAY/@ambroo

BERITA DIY - Simak puasa batal jika alami tujuh hal berikut menurut firmal Allah SWT dalam Al-Quran dan hadits yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW.

Umat Muslim wajib melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan puasa tidak sah hingga dikatakan batal.

Al-Quran dan hadits pun sudah meriwayatkan hal yang menyebabkan puasa tidak sah hingga batal. Jika itu terjadi, umat Muslim harus mengganti pada hari biasa atau bukan bulan Ramadhan.

Baca Juga: 5 Menu Olahan Kurma Enak Sesuai Sunnah, Cocok untuk Menu Buka Puasa dan Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

Dikutip dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, kata 'puasa' berasal dari kata 'saumu' yang memiliki makna 'menahan dari segala sesuatu', contohnya, makan, minum, nafsu, serta menahan berbicara yang tidak bermanfaat, dll.

Ada istilah lain untuk mendefinisikan puasa secara lebih sederhana, yakni menahan segala hal yang bisa membatalkannya dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari disertai niat dan beberapa syarat tertentu.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membatalkan puasa beserta firman Allah SWT dari Al-Quran maupun riwayat Nabi Muhammad SAW dalam hadits.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa dan Sholat Lengkap Kota Surabaya Tanggal 1,2, dan 3 Ramadhan 1443 Hijirah

1. Ibadah puasa batal jika makan dan minum

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran tepatnya surat Al-Baqarah ayat 187:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah