Mimpi Basah Saat Puasa, Apakah Harus Mandi Wajib? Benarkah Bisa Membatalkan Puasa?

- 3 April 2022, 16:10 WIB
Ketahuilah, mimpi basah saat puasa ternyata harus mandi wajib jika terjadi sebelum imsyak. Lalu, apakah bisa membatalkan puasa?
Ketahuilah, mimpi basah saat puasa ternyata harus mandi wajib jika terjadi sebelum imsyak. Lalu, apakah bisa membatalkan puasa? /Pixabay/JamesDeMerse

BERITA DIY - Ketahuilah, mimpi basah saat puasa ternyata harus mandi wajib jika terjadi sebelum imsyak. Namun, jika terjadi saat puasa, apakah bisa membatalkan puasa?

Saat melaksanakan puasa, umat Islam diperintahkan untuk menahan hawa nafsu, baik makan dan minum, hingga menahan diri untuk bersenggama meskipun dengan istri atau suami sah.

Dengan begitu, selain makan dan minum, bagi laki-laki, keluarnya air mani dari kemaluan menjadi pertanda batalnya puasa. Lalu, bagaimana dengan orang yang mimpi basah?

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan yang Bisa Dikerjakan Saat Puasa Ramadhan, Cocok untuk Diet

Mimpi basah merupakan situasi di mana seorang laki-laki bermimpi sedang bersetubuh atau tidak sama sekali, yang membuat air mani nya keluar secara tidak sengaja.

Dikarenakan air mani yang keluar saat mimpi basah bukan merupakan faktor kesengajaan, banyak yang bertanya apakah mimpi basah bisa membatalkan puasa?

Mengutip laman NU Jatim, jatim.nu.or.id, pada 3 April 2022 disebutkan bahwa mimpi basah pada siang hari yang menyebabkan keluarnya air mani tidak membatalkan puasa.

Baca Juga: Resep Masak Kolak Pisang, Takjil Khas dan Favorit Buka Puasa yang Mudah dan Nikmat

NU Jatim mengutip fatwa seorang ulama besar Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Syekh Ali Jum’ah, yang menyebut bahwa mimpi basah pada siang hari bulan ramadhan tidak membatalkan puasa seseorang.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x