5 Menu Olahan Kurma Enak Sesuai Sunnah, Cocok untuk Menu Buka Puasa dan Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

- 3 April 2022, 16:45 WIB
ilustrasi kurma, 5 olahan kurma enak sesuai sunnah, cocok untuk menu buka puasa dan ide bisnis di bulan ramadhan.
ilustrasi kurma, 5 olahan kurma enak sesuai sunnah, cocok untuk menu buka puasa dan ide bisnis di bulan ramadhan. /Pixabay/pictavio

BERITA DIY - Simak lima olahan kurma yang enak dan sesuai sunnah serta cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa dan ide bisnis di bulan Ramadhan.

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan puasa atau ramadhan, hal ini karena khasiat dan kesunnahan saat mengkonsumsi kurma.

Seperti kita ketahui, kurma menjadi salah satu hidangan yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk menu pembuka saat buka puasa.

Baca Juga: Ide Menu Buka Puasa Simpel, Enak, Bergizi : Kurma, Es Blewah, Ayam Saus Tiram dan Tumis Toge

Buah kurma selain biasa digunakan sebagai takjil buka puasa bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan atau minuman yang menarik.

Kurma dapat diolah menjadi beragam hidangan yang tidak membosankan, seperti minuman segar atau camilan yang lezat.

Selain dikreasikan sebagai olahan makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa, olahan kurma juga bisa dijadikan ide bisnis di bulan Ramadhan yang menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jenis Kurma untuk Berbuka Puasa Selama Ramadhan serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut lima menu olahan kurma yang enak dan cocok  cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa dan ide bisnis di bulan Ramadhan:

1. Susu kurma

Susu kurma merupakan salah satu kreasi olahan kurma yang populer dan banyak diminati masyarakat semua usia

Kamu bisa membuat susu kurma dengan tambahan madu dan kacang almond. Atau, dapat juga diberi tambahan topping jelly maupun cincau.

Baca Juga: Resep Kue Nastar Kurma yang Lezat Anti Gagal, Cocok untuk Momen Lebaran dengan Kreasi Menu Baru

Selain menjadi olahan untuk dikonsumsi pribadi, minuman dari kurma ini juga bisa dijadikan ide jualan saat bulan puasa Ramadhan.

2. Coklat kurma

coklat kurma layak menjadi cemilan saat berbuka puasa, hal ini karena rasa coklat kurma yang manis dan merupakan sebuah kesunahan bila berbuka dengan yang manis-manis.

Selain cocok untuk menu berbuka puasa, olahan kurma menjadi coklat kurma juga bisa dijadikan sebagai kue lebarang yang akan digemari anak-anak.

Baca Juga: 10 Manfaat Kurma Ajwa yang Jadi Kesukaan Nabi, Penawar Racun dan Cocok untuk Buka Puasa Ramadhan

3. Puding kurma

Selain minuman dan makanan ringan, kurma juga bisa dijadikan cemilan yang menyegarkan dengan mengolahnya menjadi puding kurma.

Kamu dapat membuat puding kurma sederhana dengan siraman saus yoghurt yang rasanya asam manis. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu takjil untuk keluarga

4. Bolu kurma

Sama seperti brownies, kue bolu juga merupakan salah satu kudapan yang seringkali disuguhkan dalam suatu acara.

Baca Juga: Ramadhan Segera Tiba, Berikut 4 Manfaat Kurma bagi Tubuh Manusia, Salah Satunya Melancarkan Proses Persalinan

Kamu bisa menggunakan kurma sebagai bahan bahan membuat bolu, Bolu kurma dapat menjadi referensi untuk kamu buat sendiri di rumah sebagai suguhan buka puasa.

Bahan dan proses pembuatannya sama seperti membuat kue bolu pada umumnya, hanya saja kamu perlu menambahkan kurma sebagai topping.

5. Brownies kurma

Selain minuman dan makanan ringan, kurma juga bisa digunakan sebagai pelengkap brownies. Kamu dapat menggunakan kurma untuk campuran adonan atau topping brownies.

Baca Juga: Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan yang Cocok untuk Hidangan Buka Puasa Ramadhan 2021

Jenis kurma yang bisa kamu gunakan misalnya ialah kurma sukari atau tunisia, namun bisa juga menggunakan jenis kurma lain asal tekstur kurma yang digunakan tidak terlalu kering agar lebih nikmat saat dimakan.

Itulah lima olahan kurma yang enak dan sesuai sunnah dan cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa daripada memakannya secara langsung.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x