Apa Itu Tarhib Ramadhan? Ini Pengertian dan Maknanya hingga Contoh Pelaksanaan Ibadah

- 1 April 2022, 17:36 WIB
Ilustrasi penjelasan apa itu Tarhib Ramadhan lengkap dengan contoh pelaksanaan, arti, dan makna.
Ilustrasi penjelasan apa itu Tarhib Ramadhan lengkap dengan contoh pelaksanaan, arti, dan makna. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak apa itu pengertian dan makna Tarhib Ramadhan yang populer di kalangan umat Muslim jelang puasa.

Umat Muslim siap menyambut bulan puasa tahun 2022, namun ada sejumlah istilah yang belum banyak diketahui, salah satunya adalah apa itu Tarhib Ramadhan.

Istilah Tarhib Ramadhan memang kerap muncul hingga menjadi populer menjelang pelaksanaan ibadah wajib puasa tak terkecuali tahun 2022.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ramadhan 2022 Dimulai Kapan? Simak Versi Resmi Pemerintah, Muhammadiyah, dan NU

Ustadz Adi Hidayat dalam siaran kanal YouTube Qultum TV menjelaskan pengertian apa itu Tarhib Ramadhan. Menurutnya, ada makna tersendiri dari istilah tersebut.

Tarhib Ramadhan adalah pembahasan tentang upaya bagaimana menyiapkan keadaan diri agar lapang dan nyaman untuk menerima segala hal yang dibawa saat Ramadhan tiba.

Dia menambahkan ada tiga poin penting terkait dengan Tarhib Ramadhan. yang pertama umat Muslim harus merasa siap dan lapang saat menyambut bulan Ramadhan.

Baca Juga: Live Hasil Sidang Isbat Kementerian Agama 1 Ramadhan 2022 dan Jadwal Puasa Nahdlatul Ulama NU dan Muhammadiyah

Lalu, orang Islam hendaknya sudah siap dengan agenda-agenda yang akan dilakukan selama bulan puasa Ramadhan dan yang terakhir bagaimana umat Muslim bisa maksimal dalam menjalankan ibadah.

Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat juga menjabarkan beberapa hal penting dalam menyambut bulan Ramadhan yang bagus dilakukan oleh umat Islam.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x