Apa KIPI COVID-19? Ini penjelasan serta Kenali Penyebab dan Gejala Setelah Kemungkinan Suntik Vaksin

- 28 Maret 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi. Apa KIPI COVID-19? Berikut ini penjelasan dan kenali penyebab serta gejala kemungkinan terjadi setelah disuntik vaksin.
Ilustrasi. Apa KIPI COVID-19? Berikut ini penjelasan dan kenali penyebab serta gejala kemungkinan terjadi setelah disuntik vaksin. /PEXELS/FRANK MERINO

BERITA DIY - Berikut ini penjelasan mengenai apa saja contoh KIPI setelah divaksin COVID-19 serta gejala dan tanda-tanda setelah divaksin.

Setelah pemerintah melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran COVID-19, terdapat beberapa gejala setelah divaksin COVID-19 atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Apa itu KIPI? Berikut penjelasannya mengenai KIPI.

Semenjak merebaknya COVID-19, pemerintah Indonesia telah melakukan proses vaksinasi untuk mencegah COVID-19 secara serentak sejak Januari tahun lalu, 2021. Di bawah koordinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bawah vaksinasi dilakukan seluruh Indonesia melalui rumah sakit, klinik, puskesmas, atau pun unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP).

Baca Juga: CATAT! Ini Syarat Mudik Lebaran 2022 bagi Masyarakat yang Sudah Vaksin Lengkap dan Belum 

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih berusaha mencegah COVID-19 menyebar lebih luas. Salah satunya meningkatkan vaksinasi sampai tahap ketiga atau Vaksin Booster.

Peserta vaksinasi setelah disuntik, tidak dianjurkan untuk meninggalkan tempat fasilitas kesehatan selama 30 menit. Peserta diharap menunggu dan melihat reaksi yang dirasakan oleh peserta setelah menerima suntikan vaksin.

Hal ini untuk mengatasi KIP atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Di mana setelah terjadi suntik, akan menyebabkan gejala rangkaian reaksi pada tubuh peserta setelah menerima suntikan vaksin.

Baca Juga: 2 Cara Daftar Vaksin Booster Sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022, Jokowi: Tetap Jaga Protokol Kesehatan!

Setiap peserta memiliki kegagalan atau tanda-tanda yang berbeda, tergantung kondisi tubuh peserta vaksinasi. Gejala yang alami dari efek samping ringan sampai reaksi tubuh yang lebih serius akibat alergi terhadap kandungan vaksin.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x