Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Darah, Atasi Trombositopenia dengan Cepat: Pakai Telur hingga Nanas

- 25 Maret 2022, 14:10 WIB
Ilustrasi - Makanan untuk meningkatkan trombosit dalam darah, mengatasi trombositopenia dengan cepat pakai telur hingga nanas.
Ilustrasi - Makanan untuk meningkatkan trombosit dalam darah, mengatasi trombositopenia dengan cepat pakai telur hingga nanas. /PEXELS/Trang Doan

BERITA DIY - Daftar makanan untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Mengatasi trombositopenia dengan cepat tanpa obat, pakai telur hingga nanas. 

Trombosit atau sel darah merupakan komponen darah yang bertugas membantu proses pembekuan darah. Kekurangan sel darah merah dapat mengakibatkan terganggunya proses pembekuan darah.

Fungsi utama dari trombosit adalah mencegah kehilangan darah saat terjadi perdarahan, melawan virus, dan mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Contoh Soal PPKn Kelas 10 SMA Ujian Semester 2 Materi Integrasi Nasional

Seseorang akan mengalami beberapa gejala ketika jumlah trombositnya kurang dari batas normal. Gejala yang muncul dapat berupa kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah.

Penyakit akibat kekurangan trombosit dalam darah disebut sebagai trombositopenia. Trombositopenia dapat terjadi pada penderita leukemia, orang yang sedang menjalani perawatan kanker, penyalahgunaan alkohol, sirosis hati, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Jika Anda memiliki trombositopenia ringan, Anda mungkin dapat meningkatkan jumlah trombosit melalui diet dan suplemen. Namun, jika Anda memiliki jumlah trombosit yang sangat rendah, Anda mungkin memerlukan perawatan medis untuk menghindari komplikasi.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah dan Hari Besar Nasional April 2022: Kapan Puasa Ramadhan 1443 Hijriah dan Hari Bumi?

Anda dapat meningkatkan jumlah trombosit darah dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin dan mineral tertentu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x