Hukum Puasa Nisfu Sya'ban di Hari Jumat Benarkah Haram? Tak Banyak yang Tahu, Ketahui Dalil dan Hadits Ini

- 18 Maret 2022, 09:45 WIB
Hukum puasa Nisfu Sya'ban di hari Jumat benarkah haram? Tak banyak yang tahu, yuk ketahui dalil dan hadits berikut ini.
Hukum puasa Nisfu Sya'ban di hari Jumat benarkah haram? Tak banyak yang tahu, yuk ketahui dalil dan hadits berikut ini. /Pixabay/@MuctajidYildiz

BERITA DIY - Hukum puasa Nisfu Sya'ban di hari Jumat benarkah haram? Tak banyak yang tahu, yuk ketahui dalil dan hadits berikut ini.

Saat ini banyak yang cari tahu hukum puasa Nisfu Sya'ban di hari Jumat bagaimana, dalil dan niat puasa. Sebab ada yang menyebut haram.

Padahal pada Nisfu Sya'ban 2022, puasa sunnah jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Pun banyak pihak yang sudah menjalankan sunnah ini.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban yang Jatuh Pada Tanggal Ini: Bacaan Niat, Doa, Berapa Rakaat & Kapan Dilakukan

Seperti diketahui, Nisfu Syaban merupakan peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan pada kalender Islam, tepatnya pada bulan Syaban.

Salah satu keutamaan yang diperoleh orang yang melaksanakan puasa sunah Sya'ban adalah akan mendapat syafa'at Rasulullah SAW kelak di hari kiamat.

“Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat,” demikian penjelasan Syekh Nawawi al-Bantani dalam Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în.

Baca Juga: Tata Cara Puasa Nisfu Sya'ban 2022: Berapa Hari, Keutamaan, Manfaat, Bacaan Niat, Doa, Hukum dan Dalil Puasa

Lantas, benarkan puasa Nisfu Sya'ban di hari Jumat tergolong haram?

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x