Jenis-Jenis dan Contoh Purwakanthi: Penjelasan Lengkap Guru Basa Lumaksita, Guru Swara, dan Guru Sastra

- 17 Maret 2022, 17:05 WIB
Ilustrasi - Apa itu penjelasan Purwakanthi jenis dan contoh Guru Basa, Guru Swara, dan Guru Sastra.
Ilustrasi - Apa itu penjelasan Purwakanthi jenis dan contoh Guru Basa, Guru Swara, dan Guru Sastra. /Twitter.com/@kratonjogja

BERITA DIY - Kertahui penjelasan, jenis, dan contoh dari Purwakanthi yang dikenal dalam Bahasa Jawa lengkap seperti seperti Guru Basa atau Lumaksita, Guru Swara, dan Guru Sastra.

Dalam kebudayaan atau Bahasa Jawa terdapat salah satu budaya yang telah banyak dikenal dan digunakan yaitu Purwakanthi yang kemudian banyak diajarkan di berbagai sarana seperti sekolah.

Tak hanya diajarkan di sarana pendidikan formal seperti sekolah, budaya Purwakanthi yang merupakan salah satu budaya Jawa tersebut juga telah dikenal hidup dalam kalangan masyarakat secara turun temurun.

Baca Juga: Lirik Lagu Love Maybe OST Business Proposal - Secret Number Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Penjelasan Purwakanthi

Terkait dengan penjelasan atau arti yang dimiliki oleh Purwakanthi maka dapat ditelaah dalam bahasa maupun dengan makna. Secara bahasa, kata Purwakanthi sendiri merupakan dari Bahasa Jawa.

Jika diartikan dalam Bahasa Jawa kata Purwakanthi terdiri dari 2 kata yaitu 'Purwa' yang memiliki arti awalan atau awal dan juga kanthi yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti menggunakan atau memakai.

Sehingga arti atau penjelasan mengenai Purwakanthi dapat diketahui bahwa merupakan seni dalam sastra yang menggunakan pengulangan bunyi akhir kata ataupun pengulangan pada sajak di dalamya.

Baca Juga: Lirik Lagu Born To Love You – Kang Seung Yoon WINNER Lengkap dengan Terjemahan Indonesia

Jenis-Jenis dan Contoh Purwakanthi

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x