Tanggal Berapa Malam Nisfu Syaban? Bacaan Niat Puasa Syaban dan Doa Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 15 Maret 2022, 18:00 WIB
Jadwal tanggal malam Nisfu Syaban, bacaan niat puasa dan doa sholat malam Nisfu Syaban lengkap Bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia.
Jadwal tanggal malam Nisfu Syaban, bacaan niat puasa dan doa sholat malam Nisfu Syaban lengkap Bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia. /ilustrasi/Pixabay/chiplanay/

BERITA DIY - Simak jadwal tanggal malam Nisfu Syaban, bacaan niat puasa dan doa sholat malam Nisfu Syaban lengkap Bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia.

Saat ini dalam kalender Hijriyah, umat Muslim sudah memasuki bulan Syaban, yang artinya satu bulan lagi akan menuju bulan Ramadhan 1443 H.

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Syaban yaitu malam Nisfu Syaban.

Baca Juga: Malam Nifsu Syaban Jatuh Pada Hari Apa? Amalan dan Bacaan Doa Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Pada malam Nisfu Syaban dikatakan bahwa Allah SWT akan mengampuni umat-Nya kecuali golongan orang musyrik atau orang yang bersitegang/bersengketa, sebagaimana Abu Musa Al-Asyari dari rasulullah SAW bersabda:

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

“Sesungguhnya Allah melihat waktu malam pertengahan Sya’ban, maka (Allah) mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang bersengketa," (HR. Ibnu Majah). 

Selain itu, pada bulan Syaban juga disunnahkan untuk menjalankan puasa sunnah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga: Jadwal Malam Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Niat Puasa dan Bacaan Doa Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Bahkan dalam sebuah riwayat dikatakan oleh Aisyah RA, mengakui bahwa Rasulullah SAW melaksanakan puasa sunnah paling banyak di bulan Syaban.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x