Jadwal Malam Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Niat Puasa dan Bacaan Doa Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 15 Maret 2022, 14:07 WIB
 Ilustrasi jadwal malam Nisfu Syaban Maret 2022, simak bacaan niat puasa dan doa sholat malam Nisfu Syaban.
Ilustrasi jadwal malam Nisfu Syaban Maret 2022, simak bacaan niat puasa dan doa sholat malam Nisfu Syaban. /Pixabay.com/Shafin_Protic

BERITA DIY - Simak jadwal malam Nisfu Syaban Maret 2022 yang jatuh pada tanggal berikut beserta niat puasa dan doa dalam bahasa Arab, Latin dan bahasa Indonesia.

Bulan Syaban 1443 H telah dimulai sejak tanggal 4 Maret 2022 lalu. Salah satu peristiwa penting bulan ke delapan pada kalender Hijriyah itu adalah malam Nisfu Syaban.

Selain itu keutamaan bulan Syaban adalah umat Muslim dianjurkan melakukan puasa sunnah seperti halnya yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Bahkan dalam sebuah riwayat dikatakan oleh Aisyah RA, mengakui bahwa Rasulullah SAW melaksanakan puasa sunnah paling banyak di bulan Syaban.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Bahasa Arab, Latin, Indonesia: Baik Dibaca Saat Malam Nifsu Syaban

"Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156).

Oleh karena itu, bulan Syaban adalah saat yang baik jika umat Muslim ingin melaksanakan ibadah puasa sunnah setiap hari selama hampir satu bulan menjelang bulan Ramadhan.

Bagi yang ingin melaksanakan puasa Syaban, berikut niat dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahan bahasa Indonesia:

نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى. 

Nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala. 

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x