5 Amalan Nisfu Syaban 2022 yang Sangat Dianjurkan Lengkap Beserta Keutamaannya

- 10 Maret 2022, 16:25 WIB
ilustrasi - Nisfu Syaban 2022 jatuh pada tanggal 18 Maret 2022, pada hari itu kita dianjurkan untuk berpuasa sunah Nisfu Syaban.
ilustrasi - Nisfu Syaban 2022 jatuh pada tanggal 18 Maret 2022, pada hari itu kita dianjurkan untuk berpuasa sunah Nisfu Syaban. /pixabay.com/@beingboring

BERITA DIY - Berikut merupakan penjelasan tentang 5 amalan Nisfu Syaban sekaligus doa dan keutamaannya. Nisfu Syaban adalah pertengahan di antara 30 malam di bulan Syaban, yaitu pada malam ke-15 menurut kalender Hijriyah. Nisfu Syaban 2022 jatuh pada tanggal 18 Maret 2022.

Dalam pengertian yang lebih luas, Nisfu Syaban merupakan malam dibukanya 300 pintu rahmat dan ampunan Allah SWT untuk umat-Nya yang beriman dan bertaqwa. Umat Islam juga menjalankan puasa sunah Syaban bersama dengan puasa Senin Kamis.

Puasa sunah Syaban merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan, sebagaimana menurut hadist riwayat At-Tirmidzi sebagai berikut.

Baca Juga: Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Syaban: Ini Amalan – Amalan yang Dapat Dilakukan Umat Muslim

Dari Anas dia berkata, Nabi Muhammad saat ditanya tentang puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan, beliau menjawab:

“Bulan Syaban untuk memuliakan Ramadhan” Beliau ditanya lagi, lalu Shadaqah apa yang paling utama? Beliau menjawab: “Shadaqah di bulan Ramadhan.” (HR. At-Tirmidzi).

Pada malam Nisfu Syaban, malaikat pencatat amal (Raqib dan Atid) juga menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT. Sebab itu, umat Islam disarankan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan ketika malam Nisfu syaban. Berikut ini merupakan 5 amalan Nisfu Syaban.

Baca Juga: Amalan Bulan Syaban yang Baik Dilakukan Menurut Dalil beserta Peristiwa Apa yang Terjadi?

1. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x