Daftar Amalan Sunnah Sebelum Sholat Jumat, Beserta Bacaan Niat Sholat Qobliyah Jumat dengan Artinya

- 4 Maret 2022, 09:00 WIB
ILUSTRASI - Ini daftar ibadah sunnah dan bacaan niat Qobliyah Jumat sebelum Sholat Jumat dengan arti.
ILUSTRASI - Ini daftar ibadah sunnah dan bacaan niat Qobliyah Jumat sebelum Sholat Jumat dengan arti. /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Berikut merupakan daftar amalan sunnah yang dapat dilakukan sebelum melaksanakan Sholat Jumat lengkap dengan bacaan niat Sholat Qobliyah Jumat.

Bagi ummat Islam, Hari Jumat merupakan hari yang penting dan diyakini sebagai Hari yang penuh dengan kebaikan. Sehingga di dalamnya dapat diisi dengan berbagai amalan atau ibadah.

Berbagai amalan atau ibadah yang telah dianjurkan pun diketahui dapat dilakukan oleh ummat Islam pada Hari Jumat tersebut, mulai dari yang bersifat wajib hingga memiliki hukum yaitu sunnah.

Baca Juga: Contoh Khutbah Sholat Jumat Menyambut Syaban 1443 H, Ceramah Indah dan Singkat

Salah satu ibadah amalan yang wajib untuk dilakukan khususnya bagi umat Islam laki-laki adalah dengan menjalankan Sholat Jumat secara berjamaah di Masjid pada waktu Sholat Dzuhur.

Namun demikian, juga dapat dilakukan berbagai amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan tepatnya pada saat sebelum melaksanakan ibadah Sholat Jumat nantinya. Hal ini untuk menyempurnakan pahala yang didapat di Hari Jumat tersebut.

Berbagai amalan sunnah yang dapat dilakukan pada saat sebelum menjalankan Sholat Jumat tersebut salah satunya adalah dengan melaksanakan Sholat Qobliyah Jumat yang dapat dimulai dengan membacakan niat.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat dalam Tulisan Arab. Latin, dan Indonesia

Sholat Qobliyah Jumat sendiri diketahui merupakan ibadah sunnah yang dapat dilaksanakan saat memasuki Masjid pada saat sebelum melaksankan ibadah Sholat Jumat yang akan dilakukan nantinya.

Tata cara untuk melaksanakan ibadah sunnah Sholat Qobliyah sendiri dapat diketahui menjalankan Sholat sebanyak 2 rakaat. Namun sebelum menjalankannya harus terlebih dahulu membaca niat.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x