5 Tindakan yang Harus Dilakukan Sebelum dan saat Terjadi Gempa Bumi: Salah Satunya Memastikan Kondisi Rumah

- 12 Maret 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi -  Lima (5) tindakan yang harus dilakukan sebelum, dan saat  terjadi Gempa Bumi: salah satunya memastikan kondisi rumah.
Ilustrasi - Lima (5) tindakan yang harus dilakukan sebelum, dan saat terjadi Gempa Bumi: salah satunya memastikan kondisi rumah. /Pixabay.com/@Tumisu

BERITA DIY- Simak berikut ini 5 tindakan yang harus dilakukan sebelum dan saat terjadi gempa bumi. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada pada titik pertemuan tiga lempeng benua yaitu: lempeng pasifik, Eurasia, dan Indo-Australia.

Indonesia juga berada pada wilayah cincin api yang rentan dilanda gempa bumi dan gunung berapi.

Gempa bumi terjadi disebabkan oleh beberapa hal yaitu: pergerakan lempeng bumi, aktivitas gunung berapi, dan patahan atau sesar bumi.

Baca Juga: Gempa Bumi 5,3 SR Guncang Bayah Banten hingga Terasa di DKI Jakarta Hari Ini, Simak Hal yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum dan saat terjadinya gempa bumi.

Dilansir BERITA DIY dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), berikut ini tindakan yang harus dilakukan sebelum dan saat terjadinya gempa bumi.

Tindak yang harus dilakukan sebelum terjadi Gempa Bumi:

1. Memastikan kondisi rumah yang ditempati

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah