Kondisi Pasaman Sumbar Usai Diguncang Gempa Bumi Hari Ini BMKG Magnitudo 6,2: Ratusan Rumah Roboh, 2 Meninggal

- 25 Februari 2022, 13:33 WIB
Kondisi terkini RS Yarsi Simpang Empat Pasaman Barat usai gempa yang melanda Pasaman Barat
Kondisi terkini RS Yarsi Simpang Empat Pasaman Barat usai gempa yang melanda Pasaman Barat /ANTARA/Altas Maulana

BERITA DIY - Simak kondisi Pasaman Sumbar usai diguncang gempa bumi, menurut BMKG magnitudo 6,2. Ratusan rumah roboh, 2 orang meninggal dunia.

Seperti diketahui pada hari ini, Jumat, 25 Februari 2022, terjadi gempa bumi di Pasaman Sumbar. Gempa ini bahkan terasa sampai negara tetangga, Malaysia.

Hingga pukul 09.35 WIB, BMKH mencatat gempa bumi pendahuluan (foreshock) dengan magnitudo 5,2 dan tujuh aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 3,9.

Baca Juga: Update Info Gempa Bumi Terkini Resmi BMKG Pasaman Sumbar Magnitudo 6,2, Ini Pusat Gempa & Data Potensi Tsunami

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, hingga Jumat pukul 10.06 WIB sudah terjadi 15 kali gempa susulan.

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di daerah Pasaman Barat yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami," kata Bambang melalui keterangan tertulis, Jumat, 25 Februari 2022.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto melaporkan dua orang meninggal dunia dan 20 orang luka-luka akibat gempa di Pasaman.

Baca Juga: Cara Mitigasi Gempa Bumi: Sebelum, Saat, dan Sesudah Terjadi, Serta Penjelasan Tentang Megathrust

"Ternyata sudah ada yang korban jiwa, yaitu di Kabupaten Pasaman Barat, sudah ada data yang menyatakan dua orang meninggal dunia, 20 orang luka-luka. Itu data sementara," ujar Suharyanto dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x