Info Gempa Bumi Hari Ini Terkini Magnitudo 3,5 Guncang Malang dan Jogja Resmi BMKG, Berikut Pusat Gempanya

- 20 Januari 2022, 09:52 WIB
Info gempa bumi hari ini terkini magnitudo 3,5 guncang Malang dan 1,7 guncang Gunungkidul, Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta resmi BMKG, cek pusat gempanya.
Info gempa bumi hari ini terkini magnitudo 3,5 guncang Malang dan 1,7 guncang Gunungkidul, Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta resmi BMKG, cek pusat gempanya. /Instagram.com/@infobmkg

BERITA DIY - Simak info gempa bumi hari ini terkini magnitudo 3,5 guncang Malang dan 1,7 guncang Gunungkidul, Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta resmi BMKG, cek pusat gempanya.

Info gempa yang terjadi diambil dari data akun resmi BMKG. Dengen cek pusat gempa yang terjadi, masyarakat bisa berhati-hati dan mengetahui langkah antisipasi.

Pusat Riset Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional merilis data bahwa gempa susulan akan terus terjadi sampai kondisi setimbang tercapai kembali.

Baca Juga: Data Gempa Bumi Hari Ini di Bogor, Sukabumi, Jakarta, Banten, Yogyakarta Terkini RESMI BMKG: Info Pusat Gempa

Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 6,6 pada 14 Januari 2022 lalu mengguncang Banten dan terasa hingga Jakarta. Hal ini pun sempat membuat heboh.

"Kalau untuk gempa-gempa susulan dari gempa 14 Januari 2022, pasti energi yang dilepaskan kerak bumi yang patah akan semakin berkurang secara perlahan-lahan sampai kondisi setimbangnya tercapai kembali," beber Penelitis Pusat Riset Geoteknologi BRIN, Eko Yulianto, dikutip dari Antara, Kamis, 20 Januari 2022.

Eko mengemukakan bahwa tidak bisa diketahui dengan pasti kapan gempa susulan akan berakhir, namun pada gempa-gempa yang terjadi sebelumnya proses pelepasan energi biasanya berlangsung dalam beberapa pekan.

Baca Juga: Update Info Gempa Bumi Terkini di Jogja RESMI BMKG: Magnitudo 4,5, Pusat Gempa Yogyakarta Ternyata Di Sini

Ia menjelaskan pula bahwa jalur subduksi selatan Jawa (Megathrust Sunda) merupakan jalur subduksi aktif sehingga secara periodik bisa menimbulkan gempa-gempa dengan skala berbeda. Semakin besar skala gempa, semakin lama pula periode waktu perulangannya.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x