Apa itu CSR? Ini Penjelasan mengenai Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

- 11 Maret 2022, 11:45 WIB
 Apa itu CSR? Ini penjelasan mengenai pengertian, manfaat, jenis, dan contohnya bagi perusahaan dan Kesejahteraan masyarakat.
Apa itu CSR? Ini penjelasan mengenai pengertian, manfaat, jenis, dan contohnya bagi perusahaan dan Kesejahteraan masyarakat. /pixabay.com/Nattanan23

BERITA DIY – Berikut penjelasan mengenai CSR baik berupa pengertian, jenis, manfaat, dan contohnya yang bermanfaat kepada masyarakat dan perusahaan.

CSR adalah singkatan dari corporate social responsibility merupakan bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan. CSR bisa bentuk tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya.

Secara sederhananya, CSR merupakan kegiatan perusahaan yang memiliki tanggung jawab secara sosial kepada masyarakat.

Baca Juga: Apa Itu Gamifikasi? Berikut Pengertian Beserta Contoh Pembelajaran Menggunakan Metode Permainan

Sedangkan pengertian CSR menurut Undang-Undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT pasal 1 ayat 3 menjelaskan bahwa:

“Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.”

Dikutip BERITA DIY dari promkes.kemkes.go.id, menjelaskan bawah CSR merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan dimana perusahaan itu berada.

Baca Juga: Apa Itu Ekspansi? Ini Pengertian, Jenis, hingga Cara Melakukan Peningkatan Bisnis

Kegiatan perusahaan dalam bentuk CSR bisa berupa kegiatan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, beasiswa, atau fasilitas umum. CSR perusahaan juga bisa berupa sumbangan untuk membangun desa yang berguna untuk masyarakat banyak.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah