Apa Itu Sonic Boom? Benarkah Jadi Penyebab Dentuman Keras di Yogyakarta Hari Ini? Simak Penjelasannya

- 9 Maret 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Ini jawaban apa itu Sonic Boom dan penjelasan penyebab suara dentuman di Yogyakarta.
Ilustrasi - Ini jawaban apa itu Sonic Boom dan penjelasan penyebab suara dentuman di Yogyakarta. /Pixabay/12019

BERITA DIY - Mengenal apa itu Sonic Boom yang banyak diperbincangkan diduga menjadi penyebab dentuman keras di Yogyakarta, serta penjelasan lengkapnya.

Masyarakat ataupun netizen di Yogyakarta pada hari ini Rabu 9 Maret 2022 ramai memperbincangkan mengenai salah satu fenomena yang terjadi yaitu kemunculan suara dentuman yang cukup keras.

Munculnya suara dentuman ini diketahui kemudian membuat muncul berbagai spekulasi mengenai penyebab terjadinya, salah satu yang ramai diperbincangkan mengenai adanya Sonic Boom.

Baca Juga: Penyebab Suara Dentuman Baru Saja di Jogja Hari Ini Rabu 3 Maret 2022, karena Ada Sonic Boom di Yogyakarta?

Mengenal Apa Itu Sonic Boom

Berdasarkan dari beberapa sumber maka terdapat penjelasan mengenai salah satu fenomena yaitu Sonic Boom. Kejadian ini diketahui disebabkan oleh gelombang kejut yang bisa diterima oleh telinga manusia.

Munculnya gelombang kejut atau Sonic Boom ini memiliki penyebab yaitu dari aktivitas yang dilakukan oleh berbagai pesawat yang memiliki kekuatan berupa gelombang yang dinamakan supersonic.

Gelombang supersonic yang dihasilkan dari kegiatan pesawat tersebut kemudian akan terjadi jika telah melebihi gelombang suara, pemicunya dapat diketahui seperti tekanan udara, temperatur, dan densitas yang berubah dalam beberapa waktu.

Dengan munculya gelombang yang melebihi kecepatan suara dan dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut, maka bunyi atau suara tersebut akan merambat melalui berbagai medium dengan cepat dan dapat didengarkan manusia.

Baca Juga: Cara Melakukan Permohonan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Jogja Smart Service di Wilayah Pemkot Yogyakarta

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x