Cara Melakukan Permohonan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Jogja Smart Service di Wilayah Pemkot Yogyakarta

- 5 Maret 2022, 12:12 WIB
Tampilan laman Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi JSS merupakan aplikasi daring berbasis mobile yang merupakan bentuk layanan dari Pemkot Yogyakarta untuk mempermudah proses administrasi bagi masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta.
Tampilan laman Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi JSS merupakan aplikasi daring berbasis mobile yang merupakan bentuk layanan dari Pemkot Yogyakarta untuk mempermudah proses administrasi bagi masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta. / Tangkapan layar https://jss.jogjakota.go.id/v3

BERITA DIY – Simak cara melakukan permohonan akta kelahiran melalui aplikasi Jogja Smart Service, aplikasi daring yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempermudah pelayanan administrasi bagi masyarakat.

Pemerintah Kota Yogyakarta pada 7 Juni 2018 merilis Jogja Smart Service, sebuah aplikasi daring berbasis layanan mobile yang menjadi media interaktif dan mandiri bagi masyarakat kota Yogyakarta yang ingin memperoleh layanan publik maupun administrasi di tingkat kota Yogyakarta.

Hingga Maret 2022, aplikasi JSS sudah semakin berbenah dengan mengintegrasikan berbagai layanan pemkot yang bisa diakses dengan mudah sehingga penduduk bisa menikmati layanan yang ada tanpa harus datang ke kantor pemerintahan.

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Akta Kelahiran atau NIK Bayi yang Baru Lahir Secara Online

Menu dan opsi layanan yang sudah dimasukkan ke dalam aplikasi JSS juga cukup beragam. Terdapat menu seperti Kedaruratan yang berisi layanan seperti fasilitas ambulans dan damkar, menu Pengaduan sebagai sarana masyarakat menyampaikan keluhan pada pemerintah, hingga layanan Kependudukan dan Catatan Sipil yang berisi permohonan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Permohonan KIA dan KTP, dan Pemutakhiran Data Perkawinan.

Khusus dalam artikel ini, BERITA DIY akan menjelaskan tahapan dan cara yang diperlukan untuk melakukan permohonan Akta Kelahiran melalui aplikasi JSS.

Untuk penjelasan lain, masyarakat bisa mengakses buku panduan Jogja Smart Service yang terdapat di jss.jogjakota.go.id.

Cara Melakukan Permohonan Akta Kelahiran Melalui Jogja Smart Service (JSS)

Seperti telah dijelaskan, Jogja Smart Service adalah layanan daring dari Pemkot Yogyakarta yang berbasis mobile.

Masyarakat bisa mengunduh dan melakukan instalasi JSS pada smartphone masing-masing, berikut caranya:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x